manfaat kunyit asam

Alami, Manfaat Kunyit Asam untuk Kecantikan Juga Kesehatan Diri

Kerap diandalkan sebagai minuman kecantikan, manfaat kunyit asam sudah tidak perlu diragukan kembali. Bahan alam ini biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu tidak hanya bagus dikonsumsi para wanita, tetapi juga bermanfaat bagus apabila turut diminum oleh para pria.

Rasanya yang masam menjadi pantangan apabila kamu ingin minum sebelum makan. Apalagi bagi para penderita maag sebaiknya makan karbohidrat terlebih dahulu untuk menghindari reaksi asam lambung dan mengakibatkan khasiat kunyit asam tidak bekerja secara lebih maksimal.

Umumnya bahan dasar jamu tradisional ini terdiri atas kunyit dan asam jawa. Keduanya merupakan bumbu masakan yang sama-sama memberikan rasa nikmat terhadap makanan. Namun, tumbuhan dari alam tersebut juga dipercaya mampu menjadi obat herbal atau tradisional.

Kamu bisa mendapatkan manfaat kunyit asam tidak hanya untuk mengurangi berat badan, namun juga berbagai efek kesehatan lainnya. Kunyit sendiri kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami yang biasanya dimanfaatkan pada campuran nasi atau opor ayam.

Sementara itu asam jawa biasa digunakan sebagai bumbu petis atau melengkapi berbagai olahan masakan tertentu. Jika tamu bulanan datang, biasanya para wanita yang mengalami sakit pada bagian perut bawah memanfaatkan racikan kunir asem praktis maupun yang dijual tukang jamu.

Olahan Jamu Tradisional Kunir Asem

Herbal Tepung Kunyit
Jual Herbal Tepung Kunyit Khusus Untuk Pengobatan https://shope.ee/20J21zmifp

Ternyata, kamu bisa membuat racikan kunir asem sendiri untuk memperoleh manfaat kunyit asam secara optimal di rumah titik tidak perlu membeli kemasan botol maupun dari penjual jamu, kamu cukup mengikuti tahapan-tahapan dari resep ini:

Bahan-bahan:

  1. Gula aren.
  2. Garam.
  3. Kunyit.
  4. Air.
  5. Asem jawa.

Cara Pembuatan:

  1. Bersihkan kunir menyeluruh.
  2. Kerok kulitnya.
  3. Blend sampai halus.
  4. Masak airnya.
  5. Masukkan kunir yang telah dihaluskan.
  6. Cemplungkan gula aren kemudian asam jawa.
  7. Beri sejumput garam.
  8. Saring airnya.
  9. Minuman kaya khasiat siap disajikan.

Tertarik mencoba resep lainnya? Ini dia:

Bahan-bahan:

  1. Gula jawa.
  2. Kunyit.
  3. Madu.
  4. Air.
  5. Asem jawa.

Cara Pengolahan:

  1. Bersihkan kunir.
  2. Serut hingga habis.
  3. Tambahkan air.
  4. Saring sarinya.
  5. Rebuslah air.
  6. Tambahkan kunir, gula, asam jawa, dan madu sampai berbuih.
  7. Matikan api.
  8. Pindahkan ke botol kaca.
  9. Minum selagi hangat.

Ada lagi resep lainnya, tenang saja.

Bahan-bahan:

  1. Air.
  2. Kunir bubuk.
  3. Serai.
  4. Garam.
  5. Asem jawa.
  6. Gula pasir.

Cara Pembuatan:

  1. Rebuslah air.
  2. Masukkan bahan-bahan tersebut.
  3. Satukan perlahan sampai campuran aduk.
  4. Tunggu mendidih.
  5. Matikan apinya.
  6. Saringlah airnya.
  7. Sajikan.

Kita masih punya 1 lagi racikan andalan untuk memperoleh manfaat kunyit asam, yaitu:

Bahan-bahan:

  1. Air.
  2. Kunir.
  3. Gula pasir.
  4. Asem jawa.
  5. Gula jawa.
  6. Garam.

Cara Membuat:

  1. Bersihkan dulu kunirnya.
  2. Parut sampai habis.
  3. Tambah sedikit air.
  4. Ambillah sarinya.
  5. Rebus cairan kunir.
  6. Tambahkan semua bahan.
  7. Tunggu hingga mendidih.
  8. Matikanlah api.
  9. Ambil airnya.
  10. Sajikan selagi hangat.

Khasiat Kunir Asem untuk Kesehatan Tubuh

Daripada membeli, kamu dapat menerima manfaat kunyit asam melalui penerapan berbagai resep di atas. Banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

BACA JUGA:  7 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

1. Meningkatkan Imun

Minum kunir asem secara rutin dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Klaim tersebut didasari fakta bahwa rempah ini mengandung anti peradangan, antibakteri, serta kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas penyebab sakit.

2. Menghindarkan Komplikasi Jantung

Kandungan baik antioksidan dan anti peradangan pada curcumin diyakini bagus dikonsumsi para penderita penyakit jantung. Penelitian dilakukan tahun 2017 membuktikan bahwa kunir asem dapat mengurangi risiko buruk dari komplikasi jantung sebesar 17% sebagai obat tradisional.

3. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak manusia tidak bisa menghindari alzheimer atau pikun. Mengatasi kondisi dari pertambahan usia ini kamu bisa memanfaatkan racikan tradisional kunir asem secara rutin asalkan mengikuti takaran atau porsi sesuai serta tidak berlebihan.

4. Meredakan Sakit Haid

Bukan rahasia lagi apabila racikan minuman ini kerap dimanfaatkan sebagai pereda nyeri menstruasi. rempah Ini mengandung curcumin yang bagus terhadap kesehatan organ wanita sehingga bukan hanya menghilangkan sakit mens, namun juga membuat tubuh lebih langsing.

Tidak sedikit orang kerap kesulitan untuk membedakan antara jahe, kunir, dan juga lengkuas, ditambah lagi kencur. Semuanya memberikan khasiat baik terhadap kesehatan selain enak dijadikan bumbu masakan. Contohnya manfaat kunyit asam yang bisa kamu dapatkan di atas.