manfaat spirulina untuk wajah

Manfaat Spirulina untuk Wajah Cerah Bersinar dan Tetap Lembab

Sudah bukan rahasia jika manfaat spirulina untuk wajah sangat ampuh membuatnya lebih cerah. Memiliki wajah cerah, bersinar, dan anti kusam memang impian khususnya para wanita. Namun, demi mendapatkan kulit wajah seperti itu butuh sebuah nutrisi dan vitamin. Salah satunya bisa kamu dapatkan di spirulina.

Spirulina sendiri merupakan sejenis alga hijau biru yang hidup di perairan tawar. Alga dengan nama latin Spiral kecil ini bentuknya heliks atau menyerupai pegas. Meski berukuran kecil namun, siapa sangka jika manfaatnya begitu besar baik bagi kesehatan hingga kecantikan. Karena memiliki kandungan serta nutrisi tinggi.

Tidak heran jika banyak produk kecantikan memanfaatkannya sebagai bahan utama. Selain manfaat spirulina untuk wajah, ternyata bisa dimanfaatkan guna suplemen makanan cukup menyehatkan. Suplemen tersebut bisa kamu konsumsi sehari-hari tentunya dengan aturan yang bisa dikonsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya.

Dalam mengonsumsinya, kamu bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi beberapa makanan. Atau bisa juga mencampurnya dengan bahan makanan lain seperti daging, sayuran, dan lainnya. Meski demikian, kini spirulina mudah didapatkan sehingga memudahkan kamu ketika ingin mengonsumsinya sehari-hari untuk beragam olahan.

Manfaat Luar Biasa Spirulina untuk Wajah

Spirulina Bubuk
Jual Spirulina Bubuk https://shope.ee/4ANbWn8QjY

Banyak wanita yang berusaha mencari cara bagaimana membuat wajahnya terlihat lebih putih, cerah, dan lembab. Tidak heran jika beragam produk kecantikan dicoba meski hasil belum maksimal. Kamu yang menginginkan wajah cerah optimal mulai sekarang bisa memanfaatkan spirulina. Ada banyak manfaat spirulina untuk wajah seperti berikut.

  1. Mengurangi kekusaman secara berkala dan membuatnya cerah

Ketika kamu rutin memakai masker bahan spirulina maka perlahan wajah akan lebih berseri serta kusam perlahan hilang. Hal ini bisa terjadi karena spirulina mengandung zat klorofil dan dipercaya mampu menghilangkan sel kulit mati. Sel kulit mati inilah menjadi faktor wajahmu terlihat kurang berseri tidak bercahaya.

  1. Membuat wajah tetap sehat dan lembab

Selain bisa menjadikan wajah cerah, spirulina dikenal mampu menjaga kulit agar selalu lembab da sehat. Kandungan antioksidannya yang tinggi terbukti mampu menjadikan wajah lebih elastis serta terasa lembut. Kamu tinggal memakainya secara rutin untuk dapatkan hasil maksimalnya.

  1. Cocok untuk perawatan kulit berminyak

Untuk kamu berkulit wajah sedikit berminyak juga bisa merawatnya dengan spirulina. Meski berminyak, kulit juga butuh hidrasi serta nutrisi agar tetap sehat. Kamu bisa mencampurkan masker bahan spirulina ditambahi madu secara berkala guna dapatkan wajah sehat dan terawat.

  1. Pencegah terjadinya penuaan dini

Seiring bertambahnya usia penuaan menjadi masalah yang cukup sulit dihindari. Meski begitu, kamu bisa mencegahnya memanfaatkan spirulina. Manfaat spirulina untuk wajah tersebut bisa digunakan anti aging berfungsi mengurangi gejala penuaan dini meliputi flek hitam, kerutan, keriput, dan lainnya.

  1. Solusi kulit wajah berjerawat

Sementara untuk kulit berjerawat juga aman ketika menggunakan spirulina. Spirulina yang bersifat anti bakteri mampu merawat kulit berjerawat tanpa membuatnya infeksi. Kamu tinggal rutin mengaplikasikan masker spirulina yang dicampur madu untuk mencegah sekaligus mengobati jerawat.

Cara Tepat Membedakan Spirulina Original dan KW

Dikarenakan manfaat spirulina untuk wajah sangat banyak tidak heran ada saja oknum dengan sengaja memalsukan produk. Kamu yang ingin memakainya harus cermat ketika memilih spirulina. Demi menghindari produk spirulina palsu atau KW bisa melihat beberapa cara membedakannya tersebut apalagi cukup mudah.

  1. Tekstur

Cara pertama dengan mengecek bagaimana teksturnya. Spirulina asli biasanya memiliki tekstur yang halus. Dan bubuk akan mengental ketika kamu campur dengan air. Sementara yang palsu atau KW teksturnya lebih kasar dan encer ketika dicampur air.

  1. Lihat warnanya

Membedakan dari warna menjadi cara selanjutnya yang mudah diterapkan. Spirulina asli memiliki warna biru kehijauan dengan aroma segar. Sementara produk palsu memiliki warna hijau serta aroma berbau bahan kimia cukup menyengat. Hati-hatilah ketika memilih jangan sampai keliru.

  1. Lihat segelnya kemasan

Jika kamu membeli dalam bentuk kemasan, cara mudah untuk mengenali asli tidaknya produk maka lihatlah apakah ada segel. Produk spirulina asli biasanya memiliki segel di bagian luar kemasan. Tidak hanya itu, harga jual spirulina asli biasanya lebih mahal.

Untuk dapatkan hasil maksimal maka penting untuk memilih produk asli bukan KW. Dan untuk memastikan keamanannya, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Terlepas dari itu, sudah banyak penelitian yang membuktikan sendiri manfaat spirulina untuk wajah cerah dan lebih sehat.

Manfaat Spirulina untuk Wajah, Tips Penggunaannya

Manfaat Spirulina untuk Wajah, Tips Penggunaannya

Kamu tentu sering mendengar rumor tentang manfaat spirulina untuk wajah. Trend skincare yang kian berkembang memang memunculkan aneka formula produk baru. Termasuk spirulina yang kerap dijadikan bahan baku skincare.

Akan tetapi, bagi sebagian besar orang belum paham betul tentang tanaman alami tersebut. Bahkan jarang yang paham manfaatnya untuk kecantikan. Oleh karena itu, pembahasan berikut akan memuat aneka manfaat spirulina dan tips pemakaiannya.

BACA JUGA:  Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut agar Halus Berkilau

Mengenal Lebih Jauh Tentang Spirulina yang Bagus untuk Tubuh

Bagi yang penasaran tentang manfaat spirulina untuk wajah, harus paham dahulu tentang tanaman satu ini. Spirulina memang merupakan sebuah tanaman, tepatnya dari kalangan ganggang hijau biru.

Ganggang hijau biru ini juga dikenal dengan istilah cyanobacteria, organisme yang ada di perairan tawar serta asin. Tanaman ini memiliki bentuk unik, yakni spiral. Layaknya ganggang dan tanaman lain pada umumnya, energi matahari sangat diperlukan.

Energi matahari merupakan kebutuhan utama tanaman air ini sebagai penyokong fotosintesis. Beberapa jenis spirulina bisa kamu ketahui, dan mayoritas memang dipakai untuk makanan serta perawatan.

  1. Spirulina maxima atau nama latinnya Arthrospira maxima
  2. Spirulina platensis atau nama latinnya Arthospira platensis

Dulunya belum banyak penduduk dunia yang tahu tentang tanaman air ini. Apalagi sampai mengenali manfaat spirulina untuk wajah. Untuk sejarah perjalanan panjang masker wajah alami ini, lebih lanjut akan dibahas di poin-poin berikutnya.

Perjalanan Sejarah Spirulina Sampai Dikenal Banyak Orang

Mengingat manfaat spirulina untuk wajah sangat dicari banyak orang, tentu kita penasaran bagaimana sejarah ditemukannya. Sebenarnya, ganggang air ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu, serta sudah dimanfaatkan.

  1. Spirulina dari Tanah Mexico

Suku Aztec di kawasan Amerika Tengah, Meksiko tepatnya memakai tanaman ganggang ini sebagai bahan makanan. Pertama kali pemakaian tanaman ini di sekitaran Danau Texcoco, Meksiko.

Dulu, orang di kawasan tersebut memanfaatkan spirulina ini sebagai pencegah aneka penyakit. Orang di kawasan Danau Texcoco mengolahnya sebagai makanan. Spirulina didapatkan oleh para penduduk tersebut dari dalam Danau Texcoco.

Pengolahan pada zaman dahulu dengan menjadikannya sebagai lempengan, seperti biskuit. Oleh sebab itu, olahan ganggang hijau kebiruan ini juga disebut dengan istilah Tecuit Lati. Lempengan layaknya biskuit tersebut dijadikan sebagai kudapan.

  1. Spirulina dari Tanah Afrika

Tidak hanya di kawasan Amerika Tengah, spirulina tempo dulu juga sudah dikenal oleh penduduk Afrika asli. Lebih tepatnya di kawasan Danau Chad, Kanembu, Afrika. Penduduk setempat merupakan pengonsumsi kue kering yang disebut dihe.

Setelah diteliti, ternyata kue yang biasa dimakan ini merupakan hasil dari olahan spirulina. Penduduk setempat kemudian semakin membudidayakannya sehingga meluas.

Pamor ganggang hijau ini meluas sampai abad modern seperti sekarang. Terlebih trend skincare dari Korea dan Barat semakin meluas dan formula baru banyak ditemukan. Termasuk dalam manfaat spirulina untuk wajah melalui produk kecantikan modern.

Aneka Nutrisi yang Bisa Diperoleh dari Sebuah Spirulina

Herbal kesehatan ini sudah banyak diteliti akan khasiatnya. Selain digunakan dengan cara dikonsumsi, kamu juga bisa memakainya untuk wajah. Hal ini tidak lepas dari sejumlah nutrisi yang dimiliki ganggang hijau ini.

  1. Merupakan Sumbernya Protein

Manfaat spirulina untuk wajah hingga tubuh disinyalir memang cukup beragam. Hal ini tidak lepas dari peranan protein yang ada di dalam kandungannya. Protein di dalam ganggang hijau kecil ini, kadarnya 55-67% lebih besar dari daging sapi, hingga kedelai.

Kaya akan protein, kamu juga bisa mendapati nutrisi lain. Misalnya 9 buah asam amino essensial, serta 10 asam amino non essensial. Tidak tertinggal gama-linoleatnya juga tinggi.

  1. Sumber Beta Karoten

Sebagai sumber beta karoten, spirulina juga bisa diandalkan. Terdapat beberapa zat yang lekat dengan unsur betakaroten ini. Mulai dari vitamin B12, asam deoksirbonukleat, kalsium, sampai fosfor.

Ada juga beberapa nutrisi lain yang dapat kamu jumpai di dalam ganggang hijau ini. Mulai dari klorofil, protein pigmen kompleks, dan masih banyak lagi.

  1. Ragam Nutrisi yang Kaya

Jika dalam takaran 1 sendok makan, spirulina mengandung sejumlah nutrisi baik. Selain beberapa kandungan di atas, ada beberapa nutrisi lain yang bisa kamu dapatkan di dalam ganggang hijau ini.

  • Tembaga sebanyak 21% dari AKG
  • Zat besi sebanyak 11% dari AKG
  • Vitamin B3 sebesar 4% dari AKG
  • Vitamin B1 sebanyak 11 % dari AKG
  • Vitamin B2 sebanyak 15% dari AKG
  • Vitamin B3 sebanyak 4% dari AKG

Berbagai Manfaat Spirulina untuk Wajah, untuk Mempercantik Kulit

Banyak orang yang memakai spirulina sebagai masker, karena memburu berbagai khasiatnya. Jenis masker ini diklaim bisa membuat kulit wajah lebih cantik. Tentu saja hal ini tidak lepas dari beberapa manfaat perawatannya yang dapat kamu dapatkan.

  1. Membantu Penyembuhan Gangguan Psoriasis

Psooriasis atau bercak putih di kulit tentu membuat kulit wajah terganggu penampilannya. Manfaat spirulina untuk wajah juga bisa sebagai peringan psooriasis.

Produsen masker herbal ini banyak yang mengembangkan produk buatannya sebagai obat psoriasis. Kamu bisa memakainya sebagai pereda kulit gatal dan kering, dalam dosis secukupnya.

  1. Membantu Pengobatan Jerawat

Selain antioksidan, ada juga kandungan antimikroba yang bisa kamu dapatkan di spirulina. Antimikroba dalam spirulina dapat bekerja menangkal bakteri yang memperparah jerawatmu.

Tidak hanya mudah diaplikasikan, bahan organik dari masker ini juga cocok sebagai pilihan perawatan rumahan. Kamu bisa mengaplikasikan masker setidaknya seminggu sekali, dan disertai rangkaian perawatan jerawat lainnya.

  1. Membantu Kulit Terlihat Lebih Bersih

Kandungan antioksidannya yang tinggi, membuat manfaat spirulina untuk wajah tergolong bervariasi. Salah satunya sebagai pencerah wajah alami. Antioksidan di dalam masker ini, akan membuat kulit cerah lebih maksimal.

Selain itu, kulit juga diklaim bisa lebih lembut dan halus. Tentu saja untuk mendapatkan manfaat tersebut, perlu pemakaian rutin. Selain itu, disertai juga dengan rangkaian skincare lain agar memaksimalkan hasilnya.

  1. Membantu Menyamarkan Bekas Hitam Jerawat

Kulit lebih cantik tentu yang bebas dari bekas jerawat. Manfaat spirulina pada wajah yang satu ini juga banyak dicari para pengguna. Kandungan anti inflamasi dan anti oksidan di masker herbal ini, dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka.

Luka yang dimaksud berupa bekas jerawat. Memang untuk bekas dari jerawat memerlukan teknik khusus untuk menyamarkannya. Spirulina bisa dijadikan opsi dalam alternatif penyembuhan ini.  

BACA JUGA:  Ini Manfaat Garam Himalaya untuk Wajah Sebagai Pengganti Skincare

Berbagai Manfaat Spirulina untuk Wajah Agar Tetap Awet Muda

Spirulina Powder Masker Bubuk Spirulina 80gr
Jual Spirulina Powder Masker Bubuk Spirulina 80gr https://shope.ee/6KS670PfV2

Biasanya, beberapa orang memakai spirulina untuk dikonsumsi sebagai suplemen tambahan. Akan tetapi, kamu juga bisa memanfaatkan ekstrak ganggang hijau ini sebagai masker wajah, agar penampilan tetap awet muda. .

  1. Membantu Mencegah Kerutan, Terutama Penuaan Dini

Spirulina diklaim mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini berkat kandungan antioksidannya. Paparan radikal bebas di luar ruangan memang akan membuat kerutan di wajah menjadi gampang terlihat.

Kandungan ganggang hijau yang mampu mencegah radikal bebas, tentu bermanfaat agar kulit tetap terlindungi. Selain itu, asam amino di dalam spirulina juga dapat membantu kulit senantiasa kencang.

  1. Membantu Memproduksi Kolagen Kulit

Salah satu faktor yang membuat tekstur kulit terasa kencang adalah kolagennya. Kolagen ini bisa diproduksi secara alami, dan berguna untuk mengenyalkan tekstur kulitmu.

Manfaat spirulina untuk wajah salah satunya adalah bisa memicu produksi kolagen. Kolagen yang dihasilkan kulit ini, dipancing oleh asam amino, glisin, serta prolin yang ada di spirulina.

  1. Membantu Melindungi dari Paparan Sinar UV

Sinar UV jika terlalu sering kamu dapatkan akan membuat kulit terbakar. Selain itu, bercak hitam yang ditimbulkannya akan membuat kulit menjadi terlihat lebih tua. Tentu saja hal ini tidak ingin kamu alami, sehingga perlu upaya pencegahannya.

Masker spirulina diklaim dapat menjadi penangkal kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar UV ini dapat ditangkal berkat antioksidan tinggi yang ada di dalamnya.

  1. Membantu Mempercepat Regenerasi Kulit

Salah satu syarat agar kulit senantiasa awet muda adalah regenerasi selnya yang cepat. Masker spirulina merupakan pilihan tepat dalam mempercepat proses tersebut. Saat digunakan, kamu akan mendapati sel kulit mati terangkat.

Berkat banyaknya sel kulit mati yang terangkat, tentu saja wajah akan tampak lebih segar dan cerah. Tidak heran manfaat spirulina untuk wajah ini yang banyak dicari pengguna.

Perhatikan Hal Ini Dahulu Sebelum Memakai Spirulina

Manfaat spirulina untuk wajah memang diklaim cukup maksimal. Baik itu untuk kebutuhan konsumsi atau perawatan wajah, sebaiknya perhatikan ketentuan penggunanya. Ada beberapa hal yang harus diketahui, sebelum memakai spirulina.

  1. Cek Keamanan Produk

Spirulina untuk perawatan wajah umumnya sudah diracik oleh perusahaan tertentu. Sebelum mendulang aneka manfaat spirulina untuk wajah, pastikan produk yang kamu pilih sudah resmi terdaftar BPOM.

Memakai produk abal-abal, apalagi untuk perawatan wajah hanya akan menjadi bumerang. Mungkin kamu lebih hemat uang, hasil cepat. Akan tetapi untuk jangka panjang, efek buruk kemungkinan besar akan kamu terima.

  1. Pastikan Kamu Tidak Menderita Penyakit Tertentu

Baik itu spirulina untuk dikonsumsi atau dipakai sebagai masker wajah, subjek pemakainya harus diperhatikan. Jika kamu tergolong orang dengan gangguan fungsi hati, pemakaian spirulina sebaiknya dipikirkan ulang.

Ada beberapa zat tertentu di dalamnya yang kurang cocok jika dipakai oleh penderita gangguan fungsi hati. Pengidap fenilketonuria juga tidak dianjurkan untuk memakai apalagi mengonsumsi spirulina.

  1. Ibu Hamil dan Menyusui Harus Diperhatikan Konsumsinya

Beberapa pabrikan meng-klaim manfaat spirulina untuk wajah tetap aman dipakai ibu hamil dan menyusui. Perlu kamu ketahui bahwa sejauh ini belum ada penelitian yang menyimpulkan keamanan spirulina bagi dua kondisi wanita tersebut.

Walau ada klaim bagus yang demikian, upayakan untuk cari aman. Jika sedang mengandung apalagi menyusui, hentikan terlebih dahulu konsumsi dan pemakaian spirulina ini.

  1. Konsultasi dengan Dokter Kulit Lebih Bagus

Untuk lebih memastikan apakah manfaat spirulina untuk wajah benar-benar maksimal didapatkan, konsultasi dahulu adalah ide menarik. Kamu bisa melakukan konsultasi jika mengalami beberapa masalah wajah.

Tanyakan terhadap pemakaian jenis masker ini. Terlebih saat hendak menggunakan, kamu memiliki riwayat kesehatan tertentu, sehingga tetap perlu cek dan konsultasi dahulu.

Bisa disimpulkan bahwa dari berbagai macam jenis tanaman, sebenarnya manfaat baik untuk kulit dan tubuh bisa didapatkan. Bahkan pemakaian bahan alami, saat ini juga sudah marak di industri kosmetik.

Termasuk dalam tanaman ganggang yang kerap dianggap hama oleh sebagian pihak. Manfaat spirulina untuk wajah yang sudah dijelaskan, tentu bisa menjadi referensi pemakaian skincare perawatan wajah.