sistem pernapasan pada manusia

Cara Kerja Sistem Pernapasan pada Manusia yang Perlu Diketahui

Manusia hidup membutuhkan asupan oksigen yang diatur melalui sistem pernapasan pada manusia. Sebagai makhluk hidup yang diciptakan paling sempurna, manusia memiliki sistem pernapasan begitu kompleks. Setiap udara yang kamu hirup akan melewati proses panjang sebelum akhirnya bisa sampai ke dalam paru-paru.

Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk terus bertahan tidak terkecuali manusia. Peran penting dalam tubuh manusia, membuat seluruh organ terutama otak harus mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Tubuh akan mengalami masalah jika suplay oksigen kurang karena metabolisme tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Walaupun masuk melalui rongga hidung, akan tetapi inti sistem pernapasan pada manusia sebenarnya terjadi di dalam darah. Oksigen yang masuk ke tubuh akan dibawa oleh darah menuju otak dan seluruh jaringan tubuh. Begitupun sebaliknya, karbon dioksida sebagai sisa metabolisme juga akan dikeluarkan melalui edaran darah dari otak dan diteruskan sampai ke rongga hidung.

Sistem pernapasan seseorang bisa dikatakan normal jika mampu bernapas sebanyak 12-20 kali per menitnya secara konstan atau berkesinambungan. Jika kurang dari jumlah tersebut, suplay oksigen untuk tubuh akan kurang dan bisa mengakibatkan kegagalan pada proses sistem pernapasan.

6 Organ dalam Sistem Pernapasan Manusia

Tubuh manusia terdiri dari dua sistem pernapasan yaitu internal dan eksternal. Pernapasan eksternal luar merupakan pertukaran udara yang terjadi di permukaan alveolus letaknya berada di dalam paru-paru. Sedangkan pada pernapasan internal proses bertukarnya udara yang terjadi antara darah dan sel-sel tubuh. Sistem pernapasan pada manusia melibatkan beberapa organ seperti berikut ini:

  1. Rongga hidung

Rongga hidung
Vector Rongga hidung /Shuterstock

Rongga hidung merupakan organ pertama dari sistem pernapasan. Udara yang masuk melalui rongga hidung, sebelum sampai ke organ lainnya akan mengalami tiga proses penyaringan untuk memastikan kebersihannya.

  1. Pangkal tenggorokan

Pangkal tenggorokanUrutan dari sistem pernapasan manusia setelah rongga hidung adalah pangkal tenggorokan. Setelah dihirup oleh hidung, udara akan diteruskan masuk melalui pangkal tenggorokan ini untuk menuju ke paru-paru.

  1. Trakea

Trakea

Trakea juga termasuk dalam organ pernapasan manusia. Trakea memiliki dua saluran yaitu saluran dan saluran pernapasan yang letaknya ada di depan kerongkongan. Kedua saluran akan bergantian membuka dan menutup karena memiliki katup. Saat bernapas, katup makanan akan tertutup agar udara tidak masuk ke saluran makan.

  1. Bronkus

Bronkus

Setelah melewati trakea, udara akan masuk ke bronkus atau cabang tenggorokan. Organ ini yang menjadi penghubung antara trakea dan paru-paru.

  1. Bronkiolus

Bronkiolus

Bronkiolus merupakan organ pernapasan selanjutnya yang merupakan percabangan dari bronkus. Bronkiolus memiliki lima lobus terdiri dari tiga lobus di sisi kanan dan dua lagi sisi kiri.

  1. Paru-paru

Paru-paru

Pusat sistem pernapasan pada manusia adalah paru-paru. Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan menjadi tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida.

Setiap organ pernapasan memang mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing. Walaupun demikian, semuanya saling terhubung dan menjadi kesatuan untuk mengantarkan udara sehingga bisa sampai ke dalam darah dan bisa disebarkan ke seluruh tubuh khususnya ke otak.

BACA JUGA:  Inilah Manfaat Buah Naga Guna Membantu Diet Karbohidrat

Cara Kerja Sistem Pernapasan Pada Manusia

Keenam organ pernapasan akan bekerja saat sistem pernapasan mulai aktif. Semua organ bekerja sesuai tugasnya masing-masing kemudian mengantarkan oksigen segar ke jantung agar bisa disebarkan ke semua jaringan tubuh. Prosesnya dimulai saat udara dihirup dari rongga hidung untuk selanjutnya diteruskan ke organ pernapasan lainnya.

Setelah masuk ke rongga hidung, udara tidak akan langsung masuk ke trakea. Akan tetapi terlebih dahulu akan mengalami proses penyaringan. Selanjutnya Udara akan dibawa melewati percabangan bronkus dan bronkiolus. Ujung dari perjalanan udara terletak di alveolus sebelum benar-benar masuk ke dalam paru-paru. Dari paru-paru ini udara akan diolah di alveolus sebelum akhirnya akan dibawa oleh darah untuk diedarkan ke semua jaringan sel tubuh dan juga ke otak.

Metabolisme tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem salah satunya sistem pernapasan. Ini merupakan sistem yang sangat vital karena menyangkut kelangsungan hidup seseorang. Jika ada masalah atau kegagalan dalam sistem pernapasan, otak tidak akan mendapatkan suplay suplay oksigen sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kematian. Maka dari itu selalu pastikan jaga kesehatan dengan baik agar sistem pernapasan pada manusia juga bisa bekerja dengan seharusnya.