sistem peredaran darah pada manusia

Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Manusia dan Manfaatnya

Mengetahui sistem peredaran darah pada manusia tidak hanya dibutuhkan untuk para pekerja medis saja akan tetapi juga semua orang. Semua aktivitas dan metabolisme tubuh manusia bisa terjadi karena ada sistem yang mengelolanya salah satunya sistem peredaran darah. Ini merupakan salah satu sistem terpenting dalam tubuh manusia yang memastikan suplay oksigen dan nutrisi untuk seluruh tubuh.

Seperti namanya, sistem peredaran darah merupakan serangkaian proses mengalirnya darah dalam tubuh manusia. Tidak hanya mengalir, sistem ini juga bertugas untuk membawa nutrisi dan oksigen seluruh tubuh khususnya otak. Dalam menjalankan tugasnya, beberapa organ penting terlibat seperti jantung, darah serta pembuluh darah.

Tubuh manusia terdiri dari susunan sistem yang sangat komplek. Semua sistem saling terhubung namun memiliki perannya masing-masing. Akan tetapi semuanya bekerja untuk memastikan metabolisme tubuh manusia berjalan dengan baik. Jika ada salah satu organ yang bermasalah, maka keseluruhan sistem akan mengalami masalah pula.

Sistem peredaran tubuh atau dalam istilah medis disebut dengan sistem kardiovaskular memiliki fungsi utama untuk membawa nutrisi ke seluruh tubuh serta mengantarkan oksigen ke otak. Ini merupakan proses yang sangat penting karena jika suplay tersebut terhambat bisa mengakibatkan masalah penting dalam tubuh manusia.

3 Organ Vital dalam Sistem Peredaran Pada Darah Manusia

Proses mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh melibatkan 3 organ penting. Ketiga organ saling bekerjasama untuk memastikan sistem peredaran darah berjalan dengan semestinya. Organ tersebut antara lain seperti berikut ini :

  1. Jantung

Jantung

Jantung merupakan organ pertama yang bertugas dalam sistem kardiovaskular manusia ini. Tugasnya yaitu memompa darah agar mengalir ke seluruh jaringan tubuh. Darah yang diedarkan kaya akan kandungan oksigen yang selanjutnya dibawa menuju otak manusia. Selain itu jantung juga bertugas mengedarkan nutrisi untuk seluruh jaringan tubuh.

  1. Pembuluh darah

Pembuluh darah

Dalam proses sistem peredaran darah pada manusia, organ kedua yang juga berperan penting adalah pembuluh darah. Ia akan menjadi penerus dari tugas yang sebelumnya dilakukan oleh jantung untuk membawa oksigen dan nutrisi ke semua jaringan tubuh. Tubuh manusia terdiri dari jenis pembuluh darah yang biasa disebut dengan arteri dan vena. Pembuluh arteri bertugas membawa dan mengedarkan darah kaya nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan pembuluh vena bertugas mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

  1. Darah

Darah

Komponen yang tidak kalah penting dalam sistem sistem kardiovaskular ini adalah darah. Di sistem ini darah menjadi media untuk menempel dan membawa oksigen serta nutrisi untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Manusia sendiri memiliki darah yang terdiri dari beberapa bagian seperti plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan juga keping darah.

Sistem kardiovaskular memiliki peran penting dalam menjaga metabolisme tubuh manusia berfungsi dengan baik. Sistem ini yang memastikan tubuh mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi dengan baik sehingga bisa beraktivitas normal. Pentingnya peran tersebut, membuat kamu harus memastikan semua organ dalam sistem ini bisa bekerja dengan normal dan baik.

BACA JUGA:  5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh  

Manfaat Sistem Peredaran Darah untuk Tubuh Manusia

Kelangsungan hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh sistem kardiovaskuarnya ini. Akan menjadi masalah besar jika peredaran dasar tidak lancar dan jantung gagal mengirim oksigen ke otak. Manusia bisa pingsan bahkan mengalami kematian jika sistem ini gagal berjalan dengan baik. Maka dari itu memastikan sistem peredaran darah pada manusia berjalan dengan baik sangat penting diperhatikan demi menjaga sistem metabolisme tubuh.

Tidak hanya menyuplay oksigen dan nutrisi tubuh saja, sistem ini juga berfungsi untuk mengatur keluarnya sisa metabolisme dari tubuh seperti karbon dioksida. Sistem kardiovaskular juga berperan dalam menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Namun manfaat dan peran utamanya tetap memastikan kinerja otak berjalan dengan baik serta semua organ vital berfungsi semestinya. Semua fungsi organ vital akan bermasalah jika terjadi masalah di sistem kardiovaskular ini.

Sebagai makhluk yang paling sempurna, tubuh manusia memang terdiri dari sistem sangat komplek. Semua sistem memiliki peran dan fungsi masing-masing namun tetap saling terhubung demi menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Salah satu yang cukup vital adalah sistem peredaran darah pada manusia dengan peran pentingnya memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan oksigen cukup.

Baca Juga Telinga Berdenging Sebelah Kanan ini Penyebab dan Cara Mengatasinya