Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Ketahui Penyebabnya

Cara mengatasi hidung tersumbat karena bakteri maupun virus dapat diatasi dengan cara alami. Namun jika hidung tersumbat terjadi terus menerus dan tidak sembuh setelah kamu melakukan ragam pengobatan, cobalah untuk menghubungi dokter. Berbagai sumbatan yang ada pada hidung bisa terjadi karena beberapa faktor.

Gejala suatu penyakit memang bisa ditandai dengan kondisi hidung tersumbat. Kondisi setiap orang memerlukan perawatan berbeda. Jika kamu merasa kondisi tersebut sangat menganggu aktifitas, maka jangan ragu untuk berobat. Apalagi jika gejala yang terjadi disertai dengan gangguan-gangguan lain.

Penyebab Hidung Mengalami Penyumbatan

Selain melakukan cara mengatasi hidung tersumbat, kamu juga perlu mengetahui beberapa penyebab hidung tersumbat. Jadi, kamu dapat menghindari beberapa penyebabnya. Langsung saja, ini dia penyebab hidungmu kadang tersumbat.

  1. Flu

Penyakit flu merupakan salah satu hal umum yang sering dialami oleh masyarakat. Flu disebabkan karena virus yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit ini disertai dengan beberapa macam gejala sepertinya tersumbatnya saluran pernapasan.

  1. Polip hidung

Penyakit ini membuat penderitanya mengalami saluran pernapasan yang tersumbat. Jadi, apabila kamu merasa seperti pilek namun tidak kunjung sembuh, periksakan diri ke dokter.

  1. Alergi

Tidak hanya terkena beberapa jenis penyakit saja, namun alergi juga menjadi sebuah penyebab kamu merasakan tersumbatnya pada bagian hidung. Contohnya saja, alergi pada debu, alergi pada cuaca dingin, alergi terhadap bulu binatang, dan lain-lain.

  1. Konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa membuat seseorang merasakan hal tersebut. Contohnya saja pelega saluran pernapasan maupun obat-obatan untuk penderita tekanan darah tinggi.

  1. Hamil

Pada usia kehamilan tertentu, beberapa wanita akan merasakan tersumbatnya pada bagian saluran pernapasan ini.

  1. Stress

Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Ternyata, pikiran yang terlalu banyak alias stress bisa menimbulkan berbagai macam gejala. Salah satunya akan berdampak pada bagian hidung.

  1. Adanya benda asing di dalam hidung

Jika terdapat benda asing dalam hidung tentu akan mengganggu jalannya pernapasan dan rasa tersumbat. Jadi, periksa bagian dalam hidung jika terasa sesuatu mengganjal yang membuatmu merasakan hal ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Paling Mudah

Obat Hidung Tersumbat
Obat Hidung Tersumbat Anak Dan Dewasa  https://shope.ee/8zShP3iM0u

Berbagai hal bisa dilakukan dalam usaha mengobati gejala ini. Namun, alangkah baiknya jika menggunakan cara alami. Berikut beberapa langkah mudah untuk mengatasi saluran pernapasan tersumbat.

  1. Tetaplah terhidrasi

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat paling mudah adalah menjaga agar tubuh tetap cukup cairannya. Konsumsilah air putih secara cukup. Kamu juga bisa menambah asupan cairan dengan minuman isotonic atau jus buah.

Cairan yang dikonsumsi tersebut nyatanya bisa membantu lendir menjadi lebih encer. Ini akan membuat cairan dari dalamnya keluar dengan lebih mudah dengan tekanan yang sedikit. Ini artinya, peradangan maupun iritasi akibat tersumbatnya saluran pernapasan bisa diminimalkan.

  1. Bersihkan diri pakai air hangat

Cobalah mandi memakai air hangat. Alhasil, hidung tersumbat pun menjadi membaik. Lakukan hal ini, setidaknya sampai kamu merasa normal kembali.

BACA JUGA:  Penting, ini Dia Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Uap air hangat dari pancuran yang digunakan untuk mandi bisa membuat lendir menjadi lebih encer. Lendir encer akan keluar dengan lebih mudah sehingga risiko peradangan akan menjadi berkurang.

  1. Konsumsi obat alergi

Jika sumbatan pada hidung tersebut terjadi karena alergi, akan lebih baik bagi kamu untuk mengkonsumsi antihistamin alias obat alergi. Namun untuk melakukan hal ini, berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu.

Cara mengatasi hidung tersumbat ini perlu diperhatikan dengan baik. Reaksi alergi masing-masing orang tentu berbeda. Obat ini bisa dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi pembengkakan akibat hidung tersumbat karena alergi.

  1. Memakai minyak kayu putih

Sejak jaman dulu, minyak ini seringkali dijadikan sebagai cara paling alami untuk melegakan pernapasan. Minyak dari tanaman bernama eukaliptus ini bisa dihirup langsung. Khasiatnya tentu saja sangat manjur. Pernapasan akan menjadi lebih mudah.

Atau, cobalah membuat tetesan dari minyak kayu putih pada wadah berisi air hangat. Ini akan sangat membantumu dalam mengurangi sumbatan pada saluran pernapasan.

Banyak obat di apotik maupun di pasaran yang bisa digunakan untuk membantu melegakan pernapasan akibat hidung tersumbat. Namun jika ada cara alami, kenapa harus menggunakan obat? Cobalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat paling praktis di atas sekarang juga dan rasakan bedanya.