Manfaat air kelapa

Kenali Manfaat Air Kelapa untuk Sehatkan Jantung dan Ginjal Kamu

Manfaat air kelapa sedang menjadi pembahasan di dunia kesehatan akhir-akhir ini. Kandungan nutrisi yang lengkap di dalam air kelapa dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya. Rasanya yang enak dan menyegarkan juga menjadi nilai tambah dari minuman alami kaya manfaat ini.

Sejumlah penyakit berbahaya seperti serangan jantung, gula darah, dan kesehatan ginjal dipercaya bisa sembuh dengan air kelapa selama dikonsumsi sesuai dengan takaran porsinya. Ada baiknya pula tidak menggunakan pemanis tambahan saat mengonsumsi air kelapa sebagai obat agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Pohon kelapa kerap dijuluki sebagai pohon kehidupan lantaran setiap bagian dari pohon kelapa memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Semua bagian dari pohon kelapa mulai dari akar, batang, daun dan buah bisa dimanfaatkan. Tak terkecuali air kelapa itu sendiri.

Di dalam air kelapa terdapat kandungan protein, kalori, serat, potasium (elektrolit), magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B16, B12, C, D, E, K dan banyak lagi mineral positif di dalamnya yang bermanfaat besar untuk kesehatan. Berikut ini uraian lengkap manfaat dari air kelapa untuk kesehatan.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi yang Diperlukan Tubuh

Air Kelapa
Jual Air Kelapa Murni https://shope.ee/9p1v1YmL5s

Manfaat air kelapa sangat penting untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi baik di dalamnya. Saat kelapa sudah tua, air kelapa akan berubah menjadi daging kelapa yang bisa diolah menjadi santan yang tak kalah banyak kandungan nutrisinya.

Setiap 240 mililiter air kelapa ada kandungan 46 kalori, 3 gram serat, 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, 10 persen vitamin C, 15 persen magnesium, 17 persen mangan,17 persen kalium, 11 persen sodium dan 6 persen kalsium.

Sebagai Antioksidan Terhadap Radikal Bebas

Terdapat banyak radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel tubuh selama metabolisme. Produksinya akan meningkat jika kita mengalami stres atau sakit. Bahayanya, ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh akan mengalami stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Untungnya manfaat air kelapa pada tubuh juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menetralisir radikal bebas. Hal ini berdasarkan uji coba laboratorium terhadap tikus percobaan yang terkena racun. Setelah meminum air kelapa, kondisi tikus tersebut berangsur membaik dan racun dalam tubuhnya mulai melemah.

Menekan Risiko dari Penyakit Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat air kelapa yaitu dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus percobaan penderita penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian tersebut, air kelapa dipercaya dapat memberikan manfaat sama di dalam tubuh manusia untuk melawan penyakit diabetes.

Dalam sebuah penelitian, tikus dengan gejala diabetes yang diobati dengan air kelapa memiliki kadar gula darah lebih normal daripada tikus yang diberi obat kimia. Tikus yang diberi air kelapa ini memiliki kadar hemoglobin A1c lebih rendah, penurunan penanda stres oksidatif, dan gula darah normal.

Air kelapa juga mengandung magnesium yang dapat meningkatkan kadar sensitivitas insulin serta menurunkan kadar gula pada darah penderita diabetes tipe dua dan pradiabetes. Penelitian terkait diabetes ini membutuhkan riset lebih mendalam lagi. Namun sejauh ini para peneliti meyakini air kelapa memiliki dampak positif bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Binahong, Mampu Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Meminimalisasi Risiko Penyakit Batu Ginjal

Manfaat air kelapa juga mencegah penyakit batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung jadi sebuah kristal dalam urin dan menjadi batu. Air kelapa dapat mengurangi jumlah kristal dan meminimalisasi kristal menempel pada ginjal serta bagian lain di saluran kemih.

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Baik

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah membantu meminimalisasi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menyebutkan, tikus percobaan diberi air kelapa kemudian mengalami penurunan kolesterol darah dan juga trigliserida. Hewan percobaan ini mengalami penurunan lemak hati dalam jumlah signifikan.

Dalam studi lain, peneliti memberikan air kelapa kepada tikus sebanyak 4 mililiter. Setelah berjalan 45 hari, tikus yang meminum air kelapa mengalami penurunan pada kadar kolesterol mereka dan trigliserida lebih baik dibanding tikus yang diberi obat statin untuk menurunkan kolesterol.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Menyebabkan Penyakit Stroke

Dalam satu penelitian, air kelapa diketahui mengandung potasium yang terbukti ampuh menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Manfaat air kelapa lainnya juga dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang berisiko menyebabkan penyakit stroke.