Obat gusi bengkak apotek

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Apotek yang Ampuh

Obat gusi bengkak apotek seringkali dimanfaatkan untuk mengobati saat mengalami gangguan pada gusi. Kamu mungkin pernah menggosok gigi dengan cara yang salah atau bahkan menggosok terlalu kencang sehingga berakibat pada pembengkakan di bagian gusi. Hal ini tentu membuatmu tidak nyaman baik saat berbicara atau makan.

Gusi bengkak biasanya disertai dengan beberapa gejala misalnya nyeri luar biasa pada, napas berbau tidak sedap, hingga keluar nanah. Penyebab kondisi ini ada bermacam-macam. Selain cara menggosok gigi yang keliru, pembengkakan pada gusi juga akibat efek samping dari obat tertentu.

Orang yang kekurangan vitamin C juga berisiko lebih tinggi mengalami kondisi ini. Sedangkan penyebab lainnya bisa karena pemasangan gigi palsu tidak pas atau tidak dijaga kebersihannya. Agar kondisi penyakit tersebut bengkak segera teratasi, ada baiknya kamu menggunakan beberapa obat apotek di bawah ini.

Paracetamol, Mengatasi Nyeri yang Aman

Paracetamol

Referensi obat gusi bengkak apotek pertama yang ampuh adalah paracetamol. Kamu tentu sangat familiar dengan nama satu ini, bukan? Paracetamol adalah obat anti nyeri salah satunya nyeri akibat gusi bengkak. Paracetamol juga sangat gampang dijumpai di apotek maupun drugstore, bahkan warung kecil sekalipun.

Paracetamol termasuk jenis obat kimia yang aman untuk berbagai kalangan masyarakat. Misalnya anak-anak, dewasa, orang tua atau lanjut usia, balita yang usianya lebih dari 2 bulan, bahkan juga untuk ibu hamil. Paracetamol dapat mengatasi rasa nyeri bukan hanya karena gusi membengkak tetapi juga bisa untuk sakit kepala sebelah dan lain-lain.

Walaupun tergolong aman tetapi kamu juga harus memperhatikan takaran dosis secara tepat. Orang dewasa umumnya bisa mengkonsumsi paracetamol dengan dosis 500 miligram sampai 1.000 miligram. Akan tetapi kalau untuk anak-anak dosisnya harus dikurangi. Anak dengan umur 2 bulan sampai 2 tahun boleh diberi dosis 60 miligram sampai 120 miligram.

Ibuprofen, yang Mirip dengan Paracetamol

Ibuprofen

Obat gusi bengkak apotek berikutnya yang bisa kamu pilih adalah ibuprofen. Ibuprofen sebenarnya memiliki kegunaan mirip dengan paracetamol. Yaitu bisa dipakai untuk menuntaskan nyeri termasuk pada pembengkakan gusi. Tetapi ibuprofen tidak hanya sekadar mampu menghilangkan rasa nyeri. Ibuprofen ini juga dapat mengatasi radang.

Radang yang dimaksud yaitu peradangan sehingga menghasilkan bengkak. Selain itu, ibuprofen dapat juga dijadikan cara untuk menangani demam karena adanya peradangan. Kendati demikian, kamu harus berhati-hati apabila akan mengkonsumsi ibuprofen. Hal ini karena Ibuprofen tersebut memiliki efek lebih kuat ketimbang paracetamol.

Jadi kamu harus betul-betul memperhatikan aturan dosisnya, apakah akan digunakan bagi anak-anak atau orang dewasa. Perlu juga diperhatikan bahwa ibuprofen ini harus diminum setelah kamu makan. Hindari konsumsi ibuprofen saat perut dalam kondisi kosong. Jika nekat, kamu berisiko mengalami peradangan semakin parah atau bahkan perdarahan pada perut.

Jenis Cairan Kumur Hidrogen Peroksida

Obat gusi bengkak apotek selain dari jenis tablet atau pil juga bisa dengan cairan. Cairan ini bernama hidrogen peroksida dan berguna sebagai cairan antiseptik. Larutan tersebut bisa dipakai untuk obat berkumur ketika kamu sedang menderita gusi bengkak. Hidrogen peroksida bekerja dengan cara membasmi bakteri di dalam mulut.

BACA JUGA:  Beberapa Penyebab Asam Lambung Naik Pada Tubuh Seseorang

Bakteri tersebut bisa mengganggu kesehatan mulut secara keseluruhan dan juga gigi sehingga harus dimatikan. Larutan tersebut bisa mengangkat sel kulit mati serta membuat bagian yang terluka menjadi bersih. Larutan ini harus dicampur dengan air agak tidak membuat gusi atau mulut terluka. Setelah dicampur air dan lebih encer baru bisa digunakan berkumur.

Obat Kumur Chlorhexidine untuk Mencegah Bakteri yang Tumbuh di dalam Mulut

Obat gusi bengkak apotek satu ini juga termasuk golongan antiseptik. Fungsi chlorhexidine adalah sebagai pencegah perkembangan dan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Agar kondisi pembengkakan gusi serta peradangan tidak semakin parah, maka bakteri tersebut harus dibunuh dengan larutan chlorhexidine ini.

Perbedaan chlorhexidine dari ketiga obat sebelumnya adalah harus mendapat resep dari dokter terlebih dahulu baru bisa ditebus. Sebenarnya obat ini tidak hanya berbentuk obat kumur tetapi juga salep dan sebagainya. Cara penggunaannya, pertama harus sikat gigi terlebih dahulu kemudian menggunakan chlorhexidine untuk kumur-kumur.

Kesehatan mulut terutama gusi dan gigi sangat penting karena berkaitan erat dengan kegiatan komunikasi (berbicara) maupun makan. Oleh sebab itu kamu harus selalu menjaga kesehatannya agar tidak mengalami ketidaknyamanan dan kesakitan. Obat gusi bengkak apotek tersebut dinilai ampun mengatasi gejala terkait.