manfaat air beras untuk wajah

Manfaat Air Beras untuk Wajah, Obati Jerawat dan Peradangan

Banyak praktisi kecantikan membahas manfaat air beras untuk wajah, seperti mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam. Menurut penelitian, kandungan alaminya dapat meringankan pigmen wajah. Hal ini juga didukung banyaknya produk kecantikan, termasuk sabun, toner,serta krim mengandung air beras sebagai bahan pembuatannya.

Dikutip dari Healthline, fermentasi air beras dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Ramuan ini juga dipercaya bisa meningkatkan kolagen di kulit, membuat kulit kenyal, membantu mencegah kerutan serta digunakan sebagai tabir surya alami.

Penelitian lain menunjukkan bukti kuat manfaat air beras untuk wajah sebagai anti-penuaan karena memiliki sifat anti oksidan. Selain itu, ada banyak lagi manfaat air beras untuk kecantikan dan kesehatan kulit, sebagaimana tercantum di bawah ini.

Mengobati Kulit Kering dan Iritasi Kulit

Air beras dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS) yang ditemukan di banyak produk perawatan pribadi. Bukti klinis menunjukkan bahwa menggunakan air beras dua kali sehari membantu memperbaiki kulit kering rusak akibat SLS.

Mengobati Eksim, Jerawat, Ruam, dan Peradangan

Banyak orang mempercayai bahwa mengoleskan air beras secara berkala dapat memperbaiki kulit wajah serta membersihkan noda. Selain itu, juga dipercaya bisa menyembuhkan eksim, jerawat, ruam dan peradangan. Klaim ini mungkin saja benar mengingat khasiat dan kandungan anti oksidan di dalamnya.

Pembersih Wajah Toner dan Masker

Manfaat air beras untuk wajah juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah atau toner. Taruh sedikit di atas kapas, oleskan dengan lembut ke wajah hingga leher kamu sebagai toner. Kamu juga bisa membuat masker wajah dengan mencampurkannya ke selembar kertas tisu tebal.

Perlindungan dari Sengatan Sinar Matahari

Bahan alami yang terkandung dalam air beras telah menjadi salah satu cara untuk mengurangi flek pada wajah dan membuat wajah menjadi sehat dari sinar matahari. Sebuah studi tahun 2016 memperlihatkan bahwa air beras menjadi tabir surya apabila dikombinasikan dengan tumbuhan yang mempunyai manfaat yang sama.

Cara Menggunakan Air Beras di Wajah

Sabun Beras Putih
Jual Sabun Beras Putih https://shope.ee/2ps995RcFm

Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan manfaat air beras untuk wajah agar optimal dan tepat pemakaian. Terkait jenis beras yang digunakan, menurut penelitian semua jenis beras bisa digunakan untuk perawatan. Berikut ini cara menggunakan air beras untuk perawatan wajah.

  1. Air Beras Mendidih

Bersihkan beras dan tiriskan. Setelah itu masukkan air dan beras dengan komposisi 4 banding 1 ke panci kemudian panaskan di atas api. Aduk beras dan air hingga mendidih. Setelah itu peras beras untuk mengeluarkan bahan alaminya. Selanjutnya, saring air beras dan masukkan ke dalam wadah kedap udara hingga seminggu dan air beras siap digunakan.

  1. Merendam Air Beras

Kamu juga bisa membuat air beras dengan merendam beras di dalam air. Ikuti proses yang sama seperti di atas, Tapi jangan panaskan air beras di atas api. Cukup didiamkan saja selama 30 menit. Setelah itu, peras beras dan saring airnya. Hasilnya langsung bisa digunakan ke wajah.

  1. Air Beras yang Difermentasi

Untuk membuat air beras fermentasi, gunakan proses yang sama seperti di atas untuk merendam beras. Air beras yang sudah disaring didiamkan di dalam toples selama satu atau dua hari. Saat wadah mulai berbau asam, masukkan ke dalam lemari es. Setelah diencerkan, fermentasi air beras langsung bisa digunakan.

  1. Air Beras untuk Perawat Kulit Tubuh

Selain manfaat air beras untuk wajah, bahan kaya manfaat satu ini juga bisa digunakan sebagai perawatan kulit tubuh. Air beras bisa dimanfaatkan untuk mandi, berendam, hingga lulur agar kulit tubuh tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

  1. Mandi Berendam

Campur air beras dengan parutan sabun batang yang ditambahkan dengan vitamin E. Mandi berendam menggunakan air beras bisa membuat kulit bersih, cantik dan mulus. Campurkan aroma terapi agar suasana berendam semakin tenang dan rileks. Setelah cukup berendam dengan air beras, bilas tubuh dengan air bersih.

  1. Lulur Tubuh

Untuk membuat lulur tubuh air beras, Kamu harus menambahkan sedikit garam laut dan minyak esensial. Setelah semua bahan tercampur, lulur bisa langsung digunakan. Setelah seselai, bilas tubuh menggunakan air bersih ke bagian tubuh yang diluluri.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Natural dan Terapi

Jika Kamu tertarik menggunakan air beras untuk merawat kulit wajah dan tubuh, ada baiknya berkonsultasi ke dokter kecantikan langganan terlebih dahulu atau membaca banyak referensi yang membahas efek samping dan manfaat air beras untuk wajah.