Manfaat buah pir
Gambar Manfaat buah pir / Oksana Krasiuk | Dreamstime.com

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Pengolahannya

Manfaat buah pir ini sangat banyak guna menjaga kesehatan serta menyembuhkan penyakit secara herbal. Buah dengan ciri khas kulit berwarna kuning dan mirip buah apel ini mengandung kadar air cukup tinggi. Sehingga, mengkonsumsi pir setiap hari dapat terhindar dari masalah dehidrasi.

Selain mencegah masalah dehidrasi, ada berbagai manfaat dari buah pir yang wajib diketahui. Sebab, buah dengan kandungan nutrisi, zat, dan vitamin lengkap ini ternyata mampu mengatasi masalah kesehatan akut. Hanya saja, kamu juga harus mengetahui cara pengolahan buah pir untuk dijadikan obat. Apabila ada faktor human error dalam mengolah buah pir, maka dapat menghilangkan khasiatnya

Ini Dia Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Buah Pir
Jual Buah Pir Segar https://shope.ee/6A8cvKmksL

Setiap jenis buah memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pir merupakan satu dari sekian jenis buah yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh.

Sekilas, buah ini memang memiliki kemiripan dengan apel. Namun, untuk khasiat dari buah ini tidak perlu diragukan lagi. Buah pir ini berkhasiat untuk memelihara kesehatan tubuh dan menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit. Maka dari itu, ini dia manfaat buah pir yang perlu diketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengatasi Kesulitan Buang Air Besar (BAB)

Manfaat pertama dari buah pir adalah mengatasi masalah kesulitan buang air besar (BAB). Umumnya, masalah kesulitan BAB ini disebabkan oleh kurangnya kadar serat atau air dalam tubuh. Sehingga, ampas dalam tubuh semakin menumpuk. Untuk mengatasi kesulitan BAB, maka kamu dapat mengkonsumsi buah pir.

  1. Memelihara Kesehatan Saraf Tubuh

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah pir. Kandungan zat besi dalam buah pir ini ternyata berkhasiat untuk memelihara kesehatan saraf tubuh, seperti saraf mata, saraf otak, serta memperlancar aliran darah dalam tubuh.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah bersinar dan tidak berjerawat adalah impian semua wanita. Umumnya, wajah kering dan berjerawat ini disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung yang mengandung ultraviolet.

Sinar ultraviolet inilah yang menyebabkan pori-pori membesar dan muncul jerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kamu dapat menggunakan masker dari buah pir. Menghaluskan kulit wajah menjadi salah satu manfaat buah pir. Sebab, Kandungan vitamin C dalam buah pir ini dipercaya dapat menghilangkan jerawat.

  1. Menstabilkan Berat Badan

Bagi kamu yang tengah menjalankan program diet, maka buah pir dapat dikonsumsi agar kadar air dalam tubuh tetap stabil. Sebab, buah pir ini mengandung nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah pir maka tubuh tetap sehat dan bugar.

Cara Mengolah Buah Pir Agar Khasiatnya tidak Hilang

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengolah buah pir, maka pada kesempatan kali ini kami akan juga akan memberikan tutorial mengolah buah pir agar khasiatnya tidak hilang. Bagi para wanita yang ingin membuat masker dari buah pri, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah dan Alami

Siapkan potongan buah pir yang telah dikupas. Lalu, tambahkan perasan dari air jeruk lemon, minyak kelapa, dan sedikit yogurt. Haluskan terlebih dahulu buah pir yang telah dikupas.

Kemudian, campurkan semua bahan ke dalam mangkuk. Oleskan adonan ke permukaan kulit secara merata. Tunggu sekitar 15 menit hingga mengering. Setelah mengering, kamu tinggal membilas wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga kamu mendapatkan manfaat buah pir.

Bagi yang ingin memperlancar BAB atau sembelit, maka kamu bisa langsung mengkonsumsi buah pir beserta kulitnya. Atau, kamu juga bisa menghaluskan buah pir terlebih dahulu. Lalu, tambahkan pisang dan madu. Kemudian, oven adonan hingga menjadi kue pie dari buah pir. Snack ini dapat dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak-anak.

Selain itu, ada cara lain untuk dapat mengatasi masalah kesulitan BAB ini. Pertama, rebus air sekitar 200 cc. Lalu masukkan 5 lembar daun jambu biji serta daun pir secara bersamaan. Tunggu hingga mengering. Kemudian, minum air rebusan tersebut hingga habis.

Pir adalah salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan, nutrisi, dan vitamin. Oleh sebab itu, banyak orang mengkonsumsi buah pir untuk merawat tubuh dan mengobati masalah kesehatan. Sebab, manfaat buah pir bagi tubuh ini cukup banyak.