manfaat lidah buaya untuk wajah

Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Glowing Alami 

Sejak dahulu manfaat lidah buaya untuk wajah telah lama dikenal masyarakat luas. Meski tanaman tersebut dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Namun di samping itu khasiatnya juga tidak kalah lewat ramuan herbal dan masker alami. Teratur merawat wajah menggunakan aloe vera membuat kulit semakin glowing.

Glowing adalah salah satu istilah yang seringkali diucapkan oleh pemilik kulit halus. Istilah tersebut juga menjadi jargon produk-produk kecantikan. Glowing sendiri identik dengan kulit yang halus, bersih dan bersinar. Karena itu biasanya untuk mendapatkan wajah dengan karakteristik tersebut diperlukan perawatan yang ekstra.

Terdapat dua jenis perawatan kulit wajah yang menjadi alternatif. Satu diantaranya dengan melakukan perawatan alami. Sesuai namanya perawatan tersebut didukung dengan bahan-bahan alami seperti lidah buaya. Tampil cantik dengan wajah glowing natural bisa kamu dapatkan dengan bahan alami lidah buaya di bawah ini.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Berjerawat

Kulit wajah memengaruhi penampilan seseorang. Oleh sebab itulah berbagai macam cara dilakukan demi mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Namun bagaimana jika perawatan wajah yang kamu lakukan justru membuatmu harus mengalami rasa kecewa? Hal tersebut bisa terjadi lantaran perawatan yang dilakukan justru membuat kulit berjerawat.

Lidah buaya dengan kandungannya mampu mempercepat penyembuhan jerawat di kulit wajah. Kandungan yang berperan aktif di dalamnya yaitu kalsium. Selain itu manfaat lidah buaya untuk wajah juga didapat berkat adanya zat antioksidan di dalam tanaman aloe vera. Zat tersebut efektif mempercepat pembelahan sel keratinosit.

Sel tersebut merupakan penghasil keratin di dalam kulit. Perannya adalah untuk menguatkan jaringan di dalam kulit. Lidah buaya efektif memulihkan bekas luka yang ada di kulit. Misalnya luka yang diakibatkan oleh sunburn maupun jerawat. Kecepatan dalam proses pembelahan sel keratinosit memengaruhi kehalusan kulit.

Sel yang tersumbat akibat jerawat dibabat habis oleh aloe vera. Kemudian bekas jerawat akan digantikan oleh sel kulit baru. Inilah proses awal pencerahan kulit. Apabila digunakan secara teratur kandungan aloe vera tersebut membuat kulit wajah menjadi glowing dan segar.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Brunstusan

Kulit wajah bruntusan acapkali terjadi pada sebagian orang. Penyebabnya beragam mulai dari alergi makanan, pengaruh kosmetik, hingga hormon. Bruntusan mirip seperti jerawat namun ukurannya sangat kecil. Oleh karena bentuknya yang kecil yang banyak sangat menganggu penampilan wajah. Beberapa orang juga merasa gatal-gatal saat terserang bruntusan.

Dalam kondisi yang demikian lapisan kulit terluar akan meradang. Apalagi saat kamu mulai mencoba menggaruknya dengan tangan. Bruntusan akan melebar dan meluas sehingga mengakibatkan luka lecet di permukaan kulit. Warna kulit juga memerah seiring dengan bertambahnya rasa gatal di wajah.

Manfaat lidah buaya untuk wajah sangat bagus. Salah satunya saat kondisi wajah sedang bruntusan. Aloe vera mempunyai gel yang bersifat mendinginkan. Gel tersebut dapat langsung dioleskan ke permukaan kulit. Zat di dalamnya meredakan peradangan di permukaan kulit wajah. Apalagi gelnya berwarna putih dan bersih.

Untuk mengurangi bruntusan di wajah kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya secara langsung. Oleskan secara merata pada bagian wajah yang terkena bruntusan. Diamkan hingga wajah menjadi kering. Kemudian bersihkan wajah menggunakan air biasa. Sebaiknya hindari membersihkannya menggunakan air hangat karena membuat kulit semakin meradang.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Berminyak

Kulit berminyak ditandai dengan wajah yang cenderung terlihat basah. Biasanya kulit wajah berminyak menganggu tampilan. Apalagi saat wajah sudah dilapisi dengan bedak. Minyak wajah berlebih justru dapat merusak tekstur kulit. Akibatnya bedak menjadi tidak sempurna melekat di kulit wajah.

Kulit yang berminyak membuat banyak orang terasa risih. Hal ini karena saat kamu menyentuh wajah akan terasa lengket. Kondisi tersebut juga menjadi penyebab makeup wajah mudah luntur. Lidah buaya mengandung mineral sehingga efektif mengunci kelembaban wajah. Kandungan tersebut menghambat produksi minyak berlebih di kulit.

Selain itu beberapa kandungan vitaminnya menutrisi kulit wajah. Kulit tampak bening karena mendapatkan nutrisi yang cukup. Kamu dapat menambahkan gel lidah buaya saat menggunakan masker wajah. Gel tersebut bisa didapat dari tanaman aloe vera maupun produk yang sudah dikemas.

Meskipun diolah menjadi produk apapun kandungan aloe vera tetap bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaannya kamu perlu mempertimbangkan takaran dan langkah yang tepat. Dengan demikian manfaat lidah buaya untuk wajah glowing natural cepat didapatkan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Menyimpan Rahasia Kecantikan

Natural Aloe Vera
Natural Aloevera https://shope.ee/9p1mzYCZFp

Tumbuhan ini berasal dari genus Aloe dan dipercaya memiliki segudang manfaat lidah buaya untuk wajah. Dengan berbagai kandungan dan khasiatnya, lidah buaya dipercaya selama ribuan tahun untuk mengobati dan merawat luka.

Dagingnya yang tebal dan mudah ditanam membuatnya menjadi salah satu tanaman yang sering dijumpai pada pekarangan rumah atau pertanian skala besar. Bagi kamu yang tertarik dengan tanaman ini biasanya tidak memerlukan perawatan yang rumit, tetapi mempunyai manfaat yang sangat banyak.

BACA JUGA:  Manfaat daun binahong untuk wajah Semakin Berkilau dan Cantik

Tidak hanya memiliki manfaat lidah buaya untuk wajah saja tetapi tanaman ini memiliki manfaat lain. Seperti antibakteri, anti-inflamasi, pencegah kanker dan sebagainya. Tidak heran jika tanaman lidah buaya sedang populer belakangan ini.

7 Kandungan dalam Lidah Buaya, Wajib Tahu!

1. Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Menyimpan Rahasia Kecantikan

Lidah buaya memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan manfaat lain. Hal ini yang menjadikan lidah buaya populer sebagai produk-produk kecantikan dan perawatan dengan lidah buaya.

  1. Vitamin B12

Kandungan ini memiliki manfaat untuk membentuk sel darah merah mengoptimalkan fungsi saraf, menghasilkan energi, serta merawat rambut dan kulit. Hal ini yang menyebabkan lidah buaya mempunyai manfaat lidah buaya untuk wajah.

  1. Vitamin B

Vitamin B berfungsi untuk memecah energi dan mengolah energi. Unsur ini sangat baik bagi kesehatan tubuh dan pencernaan. Jika kamu mengonsumsi lidah buaya dalam jumlah yang cukup maka nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi.

  1. Vitamin E

Unsur vitamin E dalam tubuh dapat mencegah kerusakan sel. Baik jika dikonsumsi dengan dimakan atau dioleskan sebagai obat luar. Sehingga tanaman ini memiliki manfaat lidah buaya untuk wajah yang baik.

  1. Antiseptik

Banyak sekali manfaat tanaman ini terutama untuk antiseptik. Zat ini berfungsi untuk membunuh dan mensterilkan kuman. Sehingga sari dari tanaman ini banyak ditemui pada produk kesehatan dan mempunyai manfaat lidah buaya untuk wajah.

  1. Anti-inflamasi

Selain untuk merawat kulit, peran utama dari kandungan ini adalah untuk mencegah peradangan luar dan dalam. Sehingga tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan sejak zaman dahulu.

  1. Anti-oksidan

Paparan sinar matahari yang terik saat beraktivitas di luar ruangan membuat kulit dan wajah terpapar sinar UV yang berlebih. Manfaat lidah buaya untuk wajah memiliki anti-oksidan sebagai penangkal radikal bebas yang memapar kulit serta wajah.

  1. Mineral

Kandungan mineral yang cukup banyak pada tanaman yang disebut sebagai Aloe Vera ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan porsi yang cukup. Baik dimakan ataupun untuk obat oles.

Waktu Terbaik Menggunakan Lidah Buaya untuk Mendapatkan Manfaatnya

Kamu dapat mencoba untuk mendapatkan berbagai manfaat lidah buaya untuk kulit wajah, yang ternyata akan lebih optimal dan baik jika digunakan pada waktu ini.

  1. Pagi Hari sebelum beraktivitas

Sebelum memulai beraktivitas ada baiknya kamu memakai ekstrak lidah buaya untuk melembabkan kulit dan wajah. Selain itu dapat memberikan manfaat lidah buaya untuk wajah, penggunaan pada kulit dapat menangkal radikal bebas dan sinar UV yang berlebih saat beraktivitas di luar ruangan.

  1. Sebelum Tidur di malam hari

Penggunaan lidah buaya sesaat sebelum tidur di malam hari dapat membantu meremajakan kulit dan meningkatkan kelembaban. Cukup gunakan dengan cara mengoleskan lidah buaya ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan bersih.

Selain itu ekstrak lidah buaya atau lidah buaya murni dapat menjadi alternatif pengganti dari pembersih wajah setelah terkena make up atau debu.

  1. Saat mengalami luka bekas jerawat

Luka bekas jerawat terkadang menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi kamu yang sedang mengalami masalah pada wajah. Manfaat lidah buaya untuk wajah salah satunya adalah untuk mengobati luka bekas jerawat.

Kamu bisa menggunakan ekstrak lidah buaya dan oleskan pada bagian bekas jerawat yang mengganggu. Lakukan ini secara rutin hingga bekas jerawat tersebut mengilang.

Beberapa Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kesehatan

Tanaman Lidah Buaya memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk wajah dan kesehatan. Tanaman ini memiliki efek yang sangat luar biasa dan sudah diakui khasiatnya melalu berbagai penelitian. Sehingga kamu tidak ragu lagi untuk menggunakannya. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah untuk melancarkan pencernaan. Kandungan nutrisi dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi makanan yang baik dikonsumsi.

Saat ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam produk makanan berbahan dasar lidah buaya. Mulai dari minuman, keripik, bolu hingga suplemen dan ekstrak lidah buaya untuk dikonsumsi.

  1. Mengatasi kantung mata

Munculnya kantung mata terkadang menjadi hal yang sangat ditakuti para wanita selain jerawat. Tidak heran banyak orang yang mencari serum ataupun produk untuk menghilangkan hal ini. Padahal jika kamu mengetahui lidah buaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk masalah ini.

  1. Membersihkan dan mencerahkan kulit

Tanaman yang memiliki kekayaan unsur alami ini tidak diragukan lagi dalam membersihkan dan mencerahkan kulit. Ini merupakan bagian dari manfaat lidah buaya untuk wajah. Di mana efeknya akan semakin terasa jika kamu gunakan sebagai masker pada malam hari sebelum tidur secara rutin.

  1. Menenangkan kulit wajah

Tidak dipungkiri lagi jika aktivitas yang sangat padat, paparan matahari dan debu dapat membuat kulit wajah mengalami stress. Tanda-tandanya adalah wajah terlihat lesu dan kusam. Teksturnya yang lembut dan kaya nutrisi membuat lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan pada kulit.

  1. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Timbulnya jerawat pada wajah adalah hal yang paling menyebalkan. Apalagi jika kamu sudah bersusah payah untuk melakukan perawatan tetapi tetap saja tidak bisa menghindar dari munculnya jerawat.

Sudah tidak asing lagi bahwa tanaman ini memiliki manfaat lidah buaya untuk wajah, termasuk untuk mencegah dan mengobati adanya jerawat yang sulit hilang.

  1. Membersihkan Sisa Make Up

Jika kamu ragu menggunakan produk lain yang berbahan dasar kimia untuk membersihkan make up, kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk menggantikannya. Cukup gunakan ekstrak dari tanaman ini dan letakkan gel pada kapas, setelah itu produk siap di gunakan untuk membersihkan wajahmu.

  1. Merawat luka

Selain getah pohon pisang ternyata tanaman ini juga memiliki zat anti bakteri yang dapat membunuh kuman. Dalam berbagai penelitian telah dibuktikan jika gel atau cairan yang terkandung dalam lidah buaya digunakan dalam berbagai produk seperti handsanitizer dan cairan sterilisasi.

  1. Mengatasi kulit setelah terbakar sinar matahari

Aktivitas seperti berenang dan mengendarai motor ditengah terik matahari seringkali membuat kulit terbakar oleh sinar matahari. Efek yang ditimbulkan dari hal tersebut ialah ruam dan perih pada kulit.

BACA JUGA:  Manfaat Spirulina untuk Wajah Cerah Bersinar dan Tetap Lembab

Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan ragu untuk menggunakan lidah buaya untuk mengobatinya. Dijamin kulit yang terbakar sinar matahari tersebut akan kembali normal jika terus menerus dioleskan lidah buaya.

  1. Menghaluskan kulit setelah bercukur

Produk olahan lidah buaya sering kali ditemukan pada pisau cukur, ini karena zat yang terkandung dalam produk ini bisa menghaluskan kulit setelah mencukur rambut-rambut halus pada tubuh. Sifatnya yang lembut dan memberikan efek dingin membuatnya banyak digunakan sebagai pelengkap pisau cukur.

  1. Mengobati kulit kaki yang pecah

Selain manfaat lidah buaya untuk wajah, ekstrak yang berbahan dasar lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati kulit kaki yang pecah. Biasanya tumit adalah bagian kulit kaki yang sering pecah. Oleskan pada bagian tersebut secara rutin untuk mengobatinya.

  1. Menghambat penuaan dini

Mungkin kamu juga saat ini sedang mencari produk untuk menghambat keriput dan penuaan dini. Jika benar maka lidah buaya bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasinya. Dengan kandungan nutrisi yang melimpah tanaman ini bisa menjadi pencegah penuaan dini yang tidak diragukan lagi

  1. Merawat rambut

Khasiat dari lidah buaya yang tidak banyak orang ketahui adalah untuk merawat dan menjaga rambut dari kerontokan. Zatnya yang alami dan cepat meresap ke dalam kulit membuatnya menjadi salah satu pilihan perawatan rambut.

Jadi jika kamu mengalami masalah kerontokan, gunakan lah produk yang berbahan dasar lidah buaya untuk menjaga dan menguatkan rambut.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah ialah memberikan kecerahan pada kulit. Jika digunakan secara rutin sebagai perawatan wajah, maka tidak diragukan lagi kamu akan mendapatkan hasil maksimal.

Mengapa Kamu Harus Memilih Lidah Buaya untuk Kecantikan?

Ada beberapa alasan yang harus kamu tahu tentang pentingnya memilih lidah buaya untuk kecantikan. Alasan tersebut di antaranya adalah :

  1. Produk yang mudah didapat

Lidah buaya merupakan bahan yang mudah didapat, Kamu bisa menemuinya pada produk kecantikan apapun di supermarket terdekat dengan bentuk ekstrak. Ekstrak dari tanaman ini sangat memberikan manfaat lidah buaya untuk wajah.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung merek dari produk. Tetapi dalam membeli produk ekstrak tanaman ini, sebaiknya kamu tetap berhati-hati ya. Pilihlah produk dengan tanggal kadaluwarsa yang lama dan mempunyai izin edar dari badan pengawas obat dan makanan.

  1. Bisa menanam sendiri

Kemudahan lain dari tanaman ini ialah bisa menanam sendiri di rumah. Jika kamu mempunyai sedikit lahan pekarangan, jangan lupa untuk menanam tanaman ini ya. Tidak perlu memerlukan perawatan khusus untuk menjaganya. Cukup sirami air secukupnya dan jangan lupa agar tetap disinari matahari.

Jika kamu tidak mempunyai pekarangan maka tanaman ini dapat ditanam dengan media pot dengan ukuran sedang hingga besar. Bibitnya pun mudah untuk ditemukan pada penjual tanaman disekitar.

Dengan mempunyai tanaman lidah buaya sendiri, setiap memerlukan perawatan kamu hanya tinggal memetik secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan, baik untuk manfaat kulit hingga manfaat lidah buaya untuk wajah.

  1. Produk yang alami

Lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit, produk ini biasanya dalam bentuk ekstrak dan berbahan dasar alami. Produk yang alami tidak akan merusak kulit dan terjaga kemurniannya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Tetapi meskipun produk alami, kamu juga harus memperhatikan tanggal kadaluwarsanya ya, kecuali kamu menggunakan lidah buaya yang ditanam dipekarangan rumah untuk perawatan.

Tanggal kadaluwarsa yang sudah lewat tidak menjamin keamanan produk meskipun berasal dari bahan alami. Jangan sampai niatmu untuk merawat diri tetapi malah tidak bisa mengambil manfaat lidah buaya untuk wajah.