manfaat buah tin

Berbagai Manfaat Buah Tin (Ara) dalam Kecantikan Kulit Wajah

Mengenai manfaat buah tin untuk menunjang dan menjaga kesehatan tubuh sudah lama dikenal dan sering dibahas oleh media maupun penggiat kesehatan. Baik diluar negeri hingga Indonesia, buah zaman dahulu kala ini banyak dipuji sebagai buah surga dan penuh efek baik bagi kesehatan. Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata manfaat buah ini untuk kecantikan dan kulit wajah ada banyak.

Sudah dikenal dan dikonsumsi orang sejak zaman dahulu maka manfaat buah ini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Sebutan umum lain sebagai buah ara ini memberi banyak efek positifnya jika rajin memakannya. Fungsi rutin memakan buah ara ini bahkan sering juga disebut mampu mencegah penyakit berat seperti kanker hingga serangan jantung karena bisa membersihkan limbah berbahaya dari tubuh.

Untuk mengonsumsinya juga terbilang cukup sederhana dan mudah. Bisa secara langsung dengan makan buah segarnya saja atau menjadikannya jus maupun salad buah. Jika sedang tidak musim maka buah ini juga banyak tersedia dalam kondisi dikeringkan. Namun mengenai manfaat dari buah tin ini tidak kalah lengkap dari konsumsi saat segar dan kandungan nutriennya tetap tinggi.

Kandungan Baik dalam Buah Tin

Buah Tin Kering
Jual Buah Tin Kering https://shope.ee/2AcU8NGfOS

Sebutan buah surga untuk buah ara membuat orang semakin tertarik mengonsumsinya dengan alasan tubuh semakin sehat. Manfaat buah tin yang berguna bagi tubuh manusia ini turut didukung oleh hasil penelitian ahli dengan mengungkapkan isi didalamnya. Kaya akan kandungan gizi, nutrient dan mineral membuat para praktisi kesehatan menyarankan makan buah ini secara rutin.

Berbagai kandungan Vitamin dalam buah tin tentu akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin seluruh tubuh serta bagus untuk mencegah berbagai penyakit. Buah ini juga kaya akan kandungan mineral, serat dan antioksidan sehingga sangat cocok digunakan untuk memperlancar pencernaan.

Terkenal akan konten lemak yang rendah serta jumlah kalori yang sangat rendah sehingga manfaat buah tin sering untuk makanan diet. Rajin makan buah ini mampu mengurangi kemungkinan mengidap penyakit kanker seperti kolon karena menjaga pencernaan tetap baik.

Efek Konsumsi Buah Tin Pada Kulit Wajah

Kaya akan berbagai kandungan bermanfaat, buah ini berkhasiat membuat kulit tetap semakin bercahaya dan tambah sehat. Vitamin hingga nutrisi ara mampu menghilangkan dan mengeluarkan racun berbahaya pada kulit sehingga cocok untuk penyembuhan kulit bermasalah. Berikut manfaat dari buah tin bagi kulit!

  1. Obat Kulit Berjerawat

Kandungan mineral bersifat alkali pada buah ara mampu menjaga pH kulit tetap normal. Sehingga bagi penderita jerawat, penggunaan tin untuk masker wajah alami akan membantu membersihkan kulit wajah yang tersumbat hingga ke pori-pori sehingga mencegah dan menghilangkan jerawat. Manfaat buah tin yang membantu menghilangkan racun serta bakteri diwajah akan mengusir bakteri penyebab jerawat.

  1. Mencerahkan Wajah

Penggunaan buah ara sebagai masker juga akan menambah cerah karena kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan lainnya akan membantu menghilangkan noda-noda diwajah dengan kombinasi penggunaan luar dan konsumsi langsung.

  1. Pengeksfoliasi Kulit Alami

Kulit mati harus dilakukan pengelupasan supaya sel kulit baru muncul dan kulit lebih bersih. Menggunakan kulit buah ara sebagai eksfoliator wajah secara rutin akan membuat kandungan enzim aktifnya membersihkan kotoran wajah secara menyeluruh.

  1. Menjaga Kelembapan Wajah

Kulit wajah semakin gampang rusak jika kondisi kelembapannya kurang dijaga. Baik kulit berminyak perlu dijaga untuk tetap lembab. Manfaat buah tin pada kulit wajah ketika digunakan sebagai masker akan meningkatkan kelembapan kulit wajah maupun bagian bibir. Biarkan masker kira-kira 30 menit lalu kemudian cuci dengan air dingin. Setelah aplikasi rutin, maka kulit pasti terasa lebih lembab dan kelihatan lebih fresh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan seperti garis-garis halu, kerutan atau bintik-bintik pada kulit wajah banyak disebabkan oleh faktor radikal bebas dan banyaknya racun dalam tubuh. Dengan rajin mengonsumsi buah ara yang kaya dengan kandungan antioksidan serta vitamin komplitnya akan mencegah proses penuaan dini ini.

BACA JUGA:  Kandungan dan Manfaat Natur E Bagi Kesehatan Kulit Wajah  

Kandungan antioksidan pada buah ara akan membantu mengurangi kerusakan secara oksidatif dari dalam dan melawan radikal bebas. Menggunakannya juga dari luar turut menjaga kulit lebih kencang dan lebih sehat.

Meskipun aneka produk kecantikan saat ini sudah banyak dipasaran, namun tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan produk alami. Selain lebih aman, menggunakan atau mengonsumsinya akan jauh lebih berkhasiat pada tubuh maupun kulit wajah. Untuk menjaga kandungan nutrient, vitamin, serta manfaat buah tin tetap utuh, maka sebaiknya mengolahnya seminimal mungkin.