manfaat kulit manggis

Fakta, Ini Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Kabar baik didapatkan pecinta herbal ketika manfaat kulit manggis mengudara beberapa waktu lalu. Uniknya, bukan buahnya yang disorot, melainkan khasiat dari cangkangnya dipercaya mampu menghalau berbagai macam penyakit hingga tingkatkan daya tahan tubuh.

Lebih dari satu produk berbahan dasar cangkang ratu buah ini hadir satu demi satu di pasaran. Manggis disebut sebagai ratu buah karena memiliki kandungan yang tidak terdapat pada buah-buah lainnya. Kandungan tersebut bernama xanthone dengan khasiat baik bagi kesehatan.

Beberapa orang percaya bahwa kandungan ekstrak cangkangnya dapat mencegah sel-sel kanker berkembang lebih banyak. Tentu saja anggapan tersebut berdasarkan pada uji klinis yang dilakukan oleh para ahli di bidang kesehatan sehingga dapat dibuktikan secara keilmuan.

Namun, beberapa penelitian dilakukan terhadap hewan khususnya tikus. Berbagai ahli lainnya barangkali beranggapan bahwa efek baik kulit manggis ini masih memerlukan penelitian mendalam. Namun, terlepas dari pro kontra tersebut sisi positif manggis memang ada.

Selayaknya kandungan baik dari buahnya, manfaat kulit manggis juga dirasakan mampu menghalau berbagai macam penyakit. Bagi kamu yang enggan menghadapi pengobatan berbahan kimia barangkali bisa mencoba ekstrak cangkang ini sebagai alternatif mencapai kesembuhan.

Resep Olahan dari Kulit Manggis

Kulit Manggis Kering
Jual Kulit Manggis Kering Super https://shope.ee/9eimLMX8TZ

Manggis memiliki ciri khas daging buah berwarna putih dengan sensasi manis ketika dimakan. Jika Biasanya kita menyeruput jus buah, kali ini ternyata cangkang Queen Of Fruit tersebut dapat diolah menjadi minuman berupa jus dan memberikan berbagai manfaat.

Penasaran? Ini dia resepnya

Bahan-bahan:

  1. Buah manggis.
  2. Air matang.
  3. Madu.
  4. Gula aren.

Cara Membuat:

  1. Siapkan blender.
  2. Kerok kulit bagian dalam menggunakan sendok.
  3. Hindari bagian berwarna hitam serta getah kuning untuk menghilangkan rasa pahit.
  4. Rebus hasil kerokan cangkangnya.
  5. Simpan air hasil rebusan jika mau.
  6. Masukkan hasil rebusan ke blender.
  7. Tambahkan air rebusan jika mau.
  8. Tambahkan air biasa.
  9. Tambahkan gula aren.
  10. Tambahkan madu.
  11. Jika mau bisa menambahkan buah lainnya untuk menangkal rasa pahit.
  12. Blend hingga selesai.
  13. Icip rasa.
  14. Jus siap dinikmati.

Tidak sedikit orang mempercayai bahwa secara rutin meminum ramuan ini mampu menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa secara rutin mengkonsumsi sebanyak 3 kali perhari dengan takaran 3 sampai 4 sendok setelah makan. Jangan pernah meminum ramuan sebelum makan.

Berbagai manfaat kulit manggis bisa kamu peroleh asalkan mengkonsumsinya secara rutin dalam bentuk racikan minuman, maupun membeli kapsul yang banyak beredar di pasaran. Pecinta herbal harus berbahagia karena suplemen ini mudah didapatkan di mana saja.

Efek Baik Queen of Fruit

Bukan mitos belaka, manfaat kulit manggis memang dapat kamu terima dengan berbagai kondisi tubuh tertentu. Berdasarkan penelitian oleh tenaga medis diklaim cangkah buah ini mampu berikan khasiat baik terhadap beberapa kondisi, diantaranya:

1. Menyehatkan Jantung

Queen of fruit ini mengandung berbagai mineral penting, seperti magnesium, mangan, kalium, dan tembaga yang bagus bagi kesehatan jantung. Ketika jantung sehat terhindar dari kolesterol jahat maka dengan sendirinya ancaman stroke serta penyakit jantung koroner terhalau.

BACA JUGA:  Waspadai Ancaman Tanda-tanda Virus Corona Semakin Mengkhawatirkan

2. Antiinflamasi dan Antialergi

Ekstrak kulit manggis dipercayai memiliki kandungan prostaglandin dimana fungsinya menekan kadar histamin dalam tubuh. Berbagai radang yang mengindikasikan orang terkena alergi dapat diatasi dengan prostaglandin, kandungan baik pada ekstrak cangkang manggis ini.

3. Mengatasi Jerawat

Khasiat baik ini diperoleh karena cangkang mengandung kaya antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas secara menyeluruh. Bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar rumah barangkali harus menjajal ramuan ini untuk menghindari penggunaan krim berbahan kimia.

4. Menurunkan Gula Darah

Penderita diabetes dapat melakukan upaya menurunkan gula darah melalui konsumsi ekstrak kulit buah satu ini. Enzim tubuh yang berperan mengubah pati sebagai gula atau glukosa akan dipantau oleh kulit manggis. Kamu bisa mengkonsumsi rutin dan cek gula darahnya.

Berbagai penyakit lain yang kabarnya bisa diatasi dengan ramuan herbal ini adalah diare, gonore, sariawan, infeksi saluran kemih, TBC, eksim, hingga gangguan menstruasi. Bukan hanya hadir dalam bentuk kapsul atau minuman, cangkang manggis juga hadir dalam bentuk lotion.

Berbagai efek baik akan diterima tubuh. Manfaat kulit manggis bisa diperoleh asalkan kamu secara rutin mengkonsumsinya sehari-hari.