manfaat jeruk nipis

Si Kecil Ajaib, ini Manfaat Jeruk Nipis yang Dahsyat

Kerap digunakan sebagai bahan masakan, manfaat jeruk nipis ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya saat makan di pecel lele kamu akan mendapati buah ini sebagai pencuci tangan supaya tidak meninggalkan bau serta rasa pedas setelah memegang sambal l.

Buah yang termasuk anggota jeruk-jerukan ini banyak tersebar di Amerika serta Asia dengan tinggi pohon mencapai 3-6 meter. Biasanya buah ini dimanfaatkan sebagai penghilang bau amis pada daging-dagingan. Bisa juga menjadi obat batuk dicampur bersama.

Khasiat lainnya ternyata ampuh menghilangkan karatan pada perabot rumah tangga serta baik sebagai pencuci rambut. Secara fisik warna kulit buah cenderung hijau kekuningan, biasanya berkulit tipis sehingga tidak membutuhkan alat apabila hendak membuka atau membelahnya.

Buah yang termasuk keluarga jeruk-jerukan ini mengandung vitamin c tinggi serta asam sitrat guna mempertebal kekebalan tubuh. Wilayah yang cocok untuk tanaman ini maksimal 1000 meter di atas permukaan laut atau lebih cocok hidup pada lahan dengan kontur dataran rendah.

Berbagai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dapat diperoleh melalui konsumsi sebagai minuman atau campuran makanan. Meskipun memiliki rasa asam kuat, namun apabila diolah secara tepat akan menghasilkan minuman maupun sajian makanan menggiurkan.

Resep Minuman Segar Sehat dari Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jual Jeruk Nipis https://shope.ee/9p1mzqnQnZ

Meskipun rasanya asam, namun kamu dapat memperoleh manfaat jeruk nipis untuk kesehatan melalui racikan menu-menu di bawah ini:

Bahan-bahan:

  1. Sirup lemon atau kelapa muda sesuai selera.
  2. Air matang.
  3. Bahan utama diperas.
  4. Kelapa muda serut.
  5. Es batu.

Cara Mengolah:

  1. Siapkan gelas.
  2. Campurkan air matang dengan sirup.
  3. Tambahkan serutan kelapa dan perasan air jeruk tersebut.
  4. Tambah es.
  5. Es kuwut siap dinikmati.

Bahan-bahan:

  1. Air matang.
  2. Serai.
  3. Jahe.
  4. Gula.

Cara Mengolah:

  1. Rebus air.
  2. Tambahkan serai yang sudah dipotong.
  3. Tambahkan jahe dan gula.
  4. Tunggu hingga mendidih.
  5. Biarkan selama lima menit.
  6. Matikan api.
  7. Tambahkan air perasan jeruk utama.
  8. Aduk merata.
  9. Nikmati selagi hangat.

Bahan-bahan:

  1. Air matang.
  2. Gula.
  3. Susu kental manis.
  4. Buah nipis.

Cara Mengolah:

  1. Siapkan blender.
  2. Cuci jeruk nipis kemudian peras airnya.
  3. Blend susu kental manis, air, dan perasan jeruk nipis.
  4. Cicipi.
  5. Tambah gula jika kurang manis.
  6. Brazilian limeade siap disajikan.

Bahan-bahan:

  1. White rum.
  2. Gula.
  3. Perasan jeruk nipis.
  4. Air soda.
  5. Daun mint.

Cara Mengolah:

  1. Campurkan daun mint, gula, perasan jeruk nipis.
  2. Tumbuk halus.
  3. Tambahkan air secukupnya.
  4. Tambahkan soda.
  5. White rum hanya opsional.
  6. Virgin mojito siap disajikan.

Tidak perlu khawatir bagi yang muslim, karena kamu bisa memperoleh manfaat jeruk nipis dari menu terakhir tanpa menambahkan white rum sebagai alkoholnya. Menu mana yang paling menarik untuk dicoba?

Manfaat Baik Buah Berperisa Asam

Banyak manfaat jeruk nipis yang bisa kamu ambil, selain menjadikan buah tersebut sebagai penyedap makanan semata. Berbagai manfaat bisa kamu dapatkan, diantaranya:

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tidak Datang Lagi!

1. Mencegah Flu

Sekitar 30% kebutuhan vitamin c seseorang dapat dipenuhi melalui 20 gram jeruk nipis per harinya. Berbagai virus penyebab penyakit, salah satunya flu dapat diatasi dengan kandungan buah asam ini. Kamu bisa menikmati secangkir racikan hangat maupun segelas dingin jika mau.

2. Meningkatkan Imun

Bukan hanya lemon, nipis juga digadang-gadang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin c bermanfaat untuk pertumbuhan sel darah putih yang baik untuk menghalau bakteri jahat. Adanya vitamin c juga bagus untuk menangkal radikal bebas dari berbagai sumber.

3. Mencegah Scurvy

Scurvy adalah kondisi dimana tubuh kekurangan asupan vitamin c. Apabila kerap mengalami gusi bengkak atau bengkak pada area luka yang sudah sembuh maka bisa jadi kamu mengalami scurvy. Nyeri sendi hebat juga bisa menjadi salah satu indikasi tubuh kekurangan asupan vitamin c.

4. Anti Penuaan Dini

Salah satu penyebab penuaan dini adalah paparan radikal bebas. Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang bagus untuk menangkal berbagai sumber radikal bebas tersebut. Perlindungannya melalui sel-sel tubuh sehingga dengan sendirinya penuaan terhambat.

Meskipun rasanya asam dan bentuknya sangat kecil, namun buah ini memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Di atas hanya beberapa contoh manfaat jeruk nipis yang bisa kamu dapatkan dengan olahan menyegarkan, baik dalam kondisi hangat maupun dingin.