manfaat minum air putih

Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin untuk Kesehatanmu

Manfaat minum air putih sering kali dianggap remeh. Padahal mengonsumsinya secara rutin memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan. Biasanya orang minum hanya untuk sekedar melepas dahaga. Sebagian lainnya menjadikannya sebagai teman saat makan. Lantas apa khasiat dari rutinitas mengonsumsi minuman tersebut?

Kamu sudah pasti memiliki minuman favorit. Seperti setelah melakukan aktifitas olahraga beberapa orang mencari soft drink untuk melepas rasa haus. Sayangnya soft drink mempunyai kandungan gula yang tinggi. Bahkan terlalu sering mengonsumsi soft drink dapat menggemukkan berat badan.

Dampak buruk tersebut terjadi karena soft drink mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi. Selain itu memilih minuman berenergi untuk memulihkan tenaga perlu dicermati ulang. Karena di dalamnya terkandung kafein dan gula. Sehingga kurang bagus untuk kesehatan. Sebaliknya air putih biasa justru bagus untuk tubuh.

Manfaat Minum Air Putih Ketika Olahraga

Salah satu khasiat rutin mengonsumsi air minum biasa adalah memaksimalkan performa tubuh dan fisik. Tahukah kamu performa fisik secara tidak langsung dipengaruhi oleh terpenuhinya cairan yang diserap tubuh. Apabila tubuh tidak terhidrasi dengan baik akan memengaruhi performa fisik. Hal ini penting diperhatikan bagi penyuka olahraga.

Pada umumnya atlet bisa yang melakukan serangkaian kegiatan fisik dapat kehilangan 6 hingga 10 persen cairan tubuh. Penurunan cairan tubuh tersebut bisa melalui keringat dan lainnya. Kondisi yang demikian biasanya dapat menyebabkan adanya perubahan suhu tubuh. Bahkan efek dari berkurangnya cairan juga memengaruhi minat olahraga.

Inilah pentingnya manfaat minum air putih secara rutin. Dengan mengonsumsi air minum kamu dapat menghindari efek peningkatan rasa lelah yang diakibatkan kurangnya cairan tubuh. Bahkan mood yang kurang baik juga dapat dikembalikan lewat air minum. Olahraga yang tadinya terasa berat menjadi ringan kembali.

Dehidrasi biasanya menjadi efek yang nyata apabila kamu melewatkan air minum saat olahraga. Untuk itu agar membantu memulihkan cairan tubuh sebaiknya minumlah air mineral satu hingga dua jam sebelum berolahraga. Kemudian dapat dilanjutkan pada waktu 15 menit sebelum mulai dan selama olahraga berlangsung.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum Air Putih

Apakah kamu sudah membiasakan diri mengonsumsi air minum usai bangun tidur? Rupanya kebiasaan tersebut memberikan efek yang bagus bagi kesehatan tubuh. Bahkan hal tersebut telah diuji lewat berbagai penelitian. Hasilnya memang benar rutinitas ini dapat memulihkan kondisi organ tubuh diantaranya mata dan reproduksi wanita.

Rutin mengonsumsi air minum di pagi hari juga bermanfaat dalam proses detoksifikasi. Proses ini ditandai dengan pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh. Prosesnya sendiri terjadi di malam hari saat kamu sedang tidur. Namun pada pagi hari tetap masih ada pembersihan sisa-sisa racun.

Dalam hal ini manfaat minum air putih adalah membantu memaksimalkan detoksifikasi. Bersamaan dengan proses tersebut produksi sel otot dan sel darah baru ikut meningkat. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk buang air besar. Rupanya sistem pencernaan yang bagus memengaruhi metabolisme tersebut.

BACA JUGA:  Terbukti Cara Menghilangkan Bau Badan yang Efektif

Air minum dapat menaikkan metabolisme tubuh hingga 24 persen. Hal tersebut sangat bagus bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Air minum bagus untuk mengembalikan dan memulihkan sistem pencernaan yang bermasalah. Untuk itu sebaiknya minumlah air putih sebanyak empat gelas di pagi hari.

Manfaat Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil

Manfaat Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil

Peran air minum yang cukup juga penting bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Seorang ibu hamil sebaiknya tidak mengalami dehidrasi. Hal tersebut dapat berdampak bagi kesehatan janin dan ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi air minum sebanyak 10 gelas setiap harinya.

Jumlah tersebut dapat ditambah satu gelas apabila ibu hamil mempunyai aktivitas atau latihan ringan. Penambahan ini memungkinkan sang calon ibu agar tidak mengalami dehidrasi semasa hamil. Pada dasarnya air minum dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh calon ibu bayi.

Selain itu rajin membiasakan diri mengonsumsi minuman sesuai takaran yang pas membantu ibu hamil agar dapat mengeluarkan toksin. Kebiasaan positif ini juga perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya gejala strecth mark yang umumnya muncul di beberapa area tubuh.

Mengonsumsi air mineral bukanlah hal yang sulit. Apalagi air minum tersebut mudah dijumpai. Demi menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh sebaiknya usahakan untuk selalu minum air dengan takaran yang tepat. Dengan demikian kamu dapat merasakan manfaat minum air putih sepanjang hari.