perilaku hidup bersih dan sehat

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Mencegah Penularan Covid-19

Dimulai dari Tiongkok akhir 2019, perilaku hidup bersih dan sehat mulai disosialisasikan seluruh dunia untuk menghindari sebuah virus yang bernama covid-19. Sebuah virus yang sebenarnya tingkat kematiannya hanya 3%, tapi bila diabaikan begitu saja bisa menjadi sebuah alat mematikan bagi tubuh kamu sendiri.

Sudah menjelang tahun 2021 seperti sekarang, tapi belum ada titik terang mengenai kapan pendemi ini segera berakhir. Karena hal itu pula, cara hidup manusia era new normal mulai berubah. Peringatan untuk terus menjaga kebersihan, sepertinya sudah sangat membosankan karena setiap hari bergema hingga spanduk, pamflet sejenisnya tertulis jelas.

Apabila mulai dari sekarang tidak berubah untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan juga sehat, resiko ditanggung sendiri. Lihat saja jumlah pasien covid setiap harinya di Indonesia terus bertambah. Jika ingin terus sehat, sadarkan diri lalu mulai berperilaku hidup lebih baik seperti penjelasan berikut.

Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Masa Pendemi

Tingginya angka pasien yang terkena covid-19 di Indonesia, beberapa daerah bahkan melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) total. Karena untuk memutus mata rantai penularan adalah dengan menjaga jarak antara satu sama lain.

Tapi mobilitas di Indonesia masih begitu tinggi karena banyak dari mereka yang mencari nafkah dengan keluar rumah. Bahkan sekolah juga belum ada yang berani buka, sehingga proses belajar-mengajar juga dilakukan secara daring atau online.

Sejak tersebarnya virus tersebut, perilaku hidup bersih dan sehat mulai disuarakan guna memutus mata rantai penyebaran. Sebenarnya tidak hanya Indonesia yang angka penularan per harinya banyak, karena menurut data, angka tertinggi adalah USA.

Sekarang, ada banyak rumah sakit yang penuh dengan pasien covid. Bagi penderita OTG (Orang Tanpa Gejala), diharuskan isolasi mandiri di rumah minimal 2 Minggu atau 14 hari hingga dinyatakan negatif.

Sudah ada banyak contoh perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO agar virus corona bisa dihindari, yaitu :

  1. Selalu memakai masker di mana saja kamu berada. Bahkan ada pejabat pemerintah setempat, menyuruh warganya mengenakan meski masih di dalam rumah.
  2. Cuci tangan secara teratur sesering mungkin. Penggunaan hand sanitizer juga harus dilaksanakan.
  3. Hindari menyentuh wajah karena berpotensi tanganmu itu mengandung virus covid-19.
  4. Usahakan untuk terus makan-makanan bergizi dan terbuat dari bahan-bahan yang bersih serta sehat. Tidak lupa pula mengkonsumsi suplemen dan vitamin untuk menambah imun tubuh.
  5. Sering berjemur pagi, ini bisa menjadi cara terbaik terhindar dari virus. dibarengi pula dengan olahraga secara teratur.
  6. Hindari kerumunan dan selalu jaga jarak dengan lainnya.
  7. Jaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan terlindungi.

Selain Terhindar dari Corona, Inilah Manfaat Hidup Sehat dan Bersih

Sebenarnya, perilaku hidup bersih dan sehat tersebut tidak hanya membuat kamu terhindar dari virus covid-19. Karena dengan memulai hidup dengan cara tersebut, bisa menciptakan hal baru pada diri kamu sendiri.

Ambil sisi positifnya dari era new normal ini bahwa di masa depan nanti hidupmu menjadi semakin seimbang dengan pola yang positif. Bila menyayangi tubuh, pasti kebiasaan sehat dan bersih itu bisa mendarah daging pada diri sendiri.

BACA JUGA:  Manfaat Daun Salam Menjadi Obat Herbal Alami Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil oleh kamu ketika menerapkan pola hidup yang selalu bersih serta sehat :

  1. Hal pertama, tentu saja dengan menerapkannya kamu menjadi jauh lebih sehat, imunitas tubuh semakin meningkat sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus apa saja.
  2. Menjaga tubuh dengan baik, membuat berat badanmu menjadi terjaga. Mungkin tidak bisa langsung kurus atau menjadi berisi, tapi selama terus mencoba, pasti badan semakin lebih enak digerakkan.
  3. Sehat dalam fisik tubuh, membuatmu jauh lebih produktivitas menjadi meningkat, penghasilan juga lebih baik dari sebelumnya karena aktif bekerja dan berkreasi.
  4. Kamu juga akan memulai hidup secara teratur karena terbiasa dengan jadwal makan, olahraga, dan bersih-bersih secara rutin.
  5. Dan paling penting, dengan semua kesehatan yang kamu dapatkan, mampu menunjang pikiran untuk tetap positif dan anti stres.

Mengubah pola hidup seperti penjelasan di atas memang cukup sulit dan perlu banyak usaha untuk memulainya. Tapi tidak ada salahnya dicoba agar imunitas tubuh semakin baik, penyakit juga tidak menyerang tubuhmu. Mulai dari sekarang, jangan malas menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada keseharianmu.