penyebab gatal pada kulit

Penyebab Gatal pada Kulit di Tubuh Seseorang

Penyebab gatal pada kulit bisa disebabkan banyak faktor. Gatal sendiri dalam bahasa kedokteran sering disebut pruritus. Pruritus ini memiliki berbagai kadar mulai dari ringan hingga berat. Oleh sebab itu, rasa gatal pada tubuh seseorang juga berbeda-beda. Kebanyakan gatal biasanya ringan sehingga kebanyakan orang membiarkannya .

Namun banyak juga rasa gatal dengan kondisi berat sehingga sangat mengganggu tubuh. Bahkan pada beberapa kondisi, rasa gatal ini sering juga dibarengi dengan ruam pada kulit. Walaupun pada beberapa penyakit pruritus sering menyerang seluruh tubuh secara serentak, kejadian tersebut sangat jarang.

Biasanya, rasa gatal hanya akan menyerang satu bagian tubuh. Bagiannya bisa bermacam-macam mulai dari kaki, tangan, leher, perut, dan masih banyak lagi. Jika dilihat secara keseluruhan terdapat beberapa faktor utama penyebab gatal pada kulit. Agar dapat menghindarinya, mari ketahui terlebih dahulu faktor-faktor tersebut.

Gangguan pada Kulit dan Alergi

Terdapat beberapa gangguan pada tubuh seseorang yang ketika dialami efeknya memang mengakibatkan rasa gatal. Mungkin dua di antaranya yang paling terkenal adalah eksim dan ketombe. Namun sebenarnya, macam gangguan itu masih sangat banyak. Daftarnya sendiri seperti dermatitis, biduran, hingga inflamasi.

Gangguan ini sendiri kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Untuk itu, kebersihan dari tubuh sangat perlu dijaga. Dengan terjaganya kebersihan pada tubuh, bakteri dan kotoran dengan kemampuan menyebabkan gangguan tersebut bisa dihindari. Namun, menjaga kebersihan ini perlu dilakukan secara konstan.

Selain karena adanya gangguan, alergi juga bisa menjadi penyebab gatal pada kulit. Ini terjadi karena reaksi dari alergi secara spontan akan mengakibatkan kegatalan. Namun untuk poin tersebut, perlu diketahui terlebih dahulu faktor penyebab terjadinya alergi. Alergi ini kondisinya sangat variatif.

Mungkin kebanyakan orang menganggap makanan adalah penyebab utama. Pernyataan tersebut sangat benar. Namun faktor penyebab di luar makanan juga sangat banyak. Beberapa orang bahkan alergi ketika menggunakan beberapa alat atau barang tertentu. Alat atau barangnya sendiri bermacam-macam seperti perhiasan hingga parfum.

Serangga dan Infeksi juga Bisa Menjadi Penyebabnya

Faktor penyebab gatal pada kulit selanjutnya adalah serangga. Serangga ini termasuk ke dalam parasit. Oleh sebab itu, gigitannya bisa membuat pruritus muncul. Jenis serangga yang dapat mengakibatkan munculnya permasalahan itu juga bermacam-macam. Mungkin di Indonesia, dua jenis dengan popularitas paling tinggi adalah kutu dan nyamuk.

Kutu ini biasanya menyerang rambut seseorang. Setelah menyerang, kutu tersebut akan bereproduksi sehingga jumlahnya terus membanyak. Untuk nyamuk sendiri akan mengganggu dengan cara menghisap darah di kulit. Ketahuilah bahwa jenis serangga penyebab gatal di luar kedua jenis tersebut masih banyak.

Bahkan, lebah juga dapat mengakibatkan permasalahan ini. Walaupun identik dengan ruam dan panas, gigitan lebah juga akan mengakibatkan pruritus. Faktor selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah berhubungan dengan infeksi. Infeksi ini sendiri biasanya disebabkan oleh jamur. Jamur yang memiliki kemampuan itu sebenarnya bervariasi.

Macam variasinya seperti kurap, cacar, hingga kutu air. Ketika infeksi terjadi, tubuh yang terganggu akan mengalami perubahan baik dari segi warna atau dengan munculnya benjolan. Namun pada dasarnya, perubahan bentuk tersebut akan dibarengi dengan rasa gatal berlebih. Karena efeknya sangat besar, diperlukan penanganan lanjut untuk masalah ini.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tidak Datang Lagi!

Adanya Penyakit, Menopause, dan Kehamilan

Beberapa penyakit juga bisa menjadi penyebab gatal pada kulit. Namun di antara penyakit-penyakit tersebut, yang paling umum adalah anemia. Selain anemia, jenis lain seperti hemoroid dan hipertiroid jarang sekali diketahui. Ketika penyakit-penyakit tersebut dialami seseorang, pruritus memang bukan permasalahan utama.

Namun, pruritus akan menjadi salah satu gejala utamanya sehingga menjadi paket lengkap yang tidak akan terpisahkan. Menopause dan kehamilan juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa gatal. Rasa tersebut muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Ketidakseimbangan hormon memang merupakan hal wajar.

Oleh sebab itu, permasalahan ini memang sulit dihindari oleh orang-orang yang berada pada fase menopause dan kehamilan. Terdapat catatan tambahan bagi mereka yang sedang hamil. Walaupun pruritus terasa parah ketika sedang hamil, permasalahan tersebut akan hilang setelah persalinan. Itu karena, hormon dalam tubuh sudah kembali seimbang.

Ketika gatal dialami, jangan pernah menggaruk secara berlebihan. Hal ini bisa membuat bagian kulit yang digaruk mengalami kerusakan. Namun untuk pruritus yang sudah sulit ditahan, akan lebih baik jika mendatangi ahli. Ahli akan mendiagnosa penyebab gatal pada kulit lalu memberikan tata cara mengatasinya.

Baca Juga Muncul Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal? ini Penyebabnya