telinga berdenging sebelah kanan

Telinga Berdenging Sebelah Kanan ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah mengalami masalah telinga berdenging sebelah kanan? Sebagian besar orang mempercayai apabila kuping berdenging, maka berhubungan dengan tanda kesialan. Akan tetapi juga ada yang mempercayai sebaliknya, yakni akan mendapatkan keberuntungan atau hal baik bisa datang. Lantas apakah kepercayaan tersebut benar?

Ketika kuping kamu berdenging, maka akan terdengar seperti ada suara dalam gendang telinga bukan? Bahkan sering kali suara yang terdengar itu juga menyerupai siulan sesorang, bergumam, bunyi dering, decitan, atau bahkan kicauan burung. Gangguan tersebut memang cukup aneh, karena bunyi-bunyi tersebut berasal di luar.

Bahkan tidak jarang juga hingga sekarang ini cukup banyak orang yang mempercayai jika telinga berdenging maka erat kaitannya dengan mitos atau kejadian berbau mistis dalam masyarakat. Akan tetapi berbeda jika dilihat dari sisi medis. Kejadian tersebut bisa dengan mudah dijelaskan menggunakan ilmu pengetahuan.

Fenomena itu juga kerap disebut sebagai tinnitus yakni sebuah keadaan dimana kamu mendengar bunyi-bunyian atau suara dari telinga. Gangguan ini bisa terjadi hanya di kuping bagian kiri maupun kanan saja. Akan tetapi juga tidak mustahil jika dua-duanya mendenging. Pastinya hal ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Faktor yang Sering Jadi Penyebab

Umumnya memang ada beberapa hal yang membuat telinga kamu berdenging. Walaupun tidak semua hal menunjukkan jika berdengingnya kuping merupakan sebuah penyakit kronis. Namun keadaan itu juga bisa jadi sebuah tanda bahwa kami mengalami sebuah gangguan yang cukup serius dalam tubuh.

Penyebab pertama ialah adanya infeksi. Hal ini merupakan salah satu hal yang sering terjadi. Adanya penyumbatan dalam area saluran pendengaran membuat kamu mengalami suara dimana cukup mengganggu. Namun akan hilang ketika infeksi tersebut sudah terobati. Penyebab lainnya yang mengakibatkan telinga berdenging sebelah kanan masih ada.

Seperti misalnya rusaknya kuping bagian tengah maupun dalam. Keadaan ini juga biasa terjadi jika seseorang sudah memasuki usia senja. Penuaan memang kerap menimbulkan rusaknya bagian tengah kuping lain serta koklea. Jika kamu kerap mendengarkan bunyi yang cukup bising setiap harinya, maka bisa merusak indera pendengaran.

Penyumbatan pada saraf otak memang biasanya ditandai adanya suara atau dengingan pada salah satu sisi kuping, seperti penyakit berat tumor otak. Bukan hanya itu, salah satu penyebab kuping kamu mendenging disebabkan adanya trauma. Seperti pernah mengalami benturan atau luka di telinga dalam ataupun area kepala.

Terjadinya gejala telinga berdenging sebelah kanan juga biasanya dikarenakan otosklerosis. Dimana gangguan ini membuat tulang rawan di tengah kuping jadi kaku. Penyebab lainnya yakni karena adanya pengaruh dari obat tertentu terutama jenis antibiotik, aspirin, atau obat lain yang bisa menyebabkan ototoxic di bagian dalam kuping.

Cara Mengatasi Gejala Telinga Mendengung

pelindung telinga
Jual pelindung telinga original https://shope.ee/YF7b9vLU

Gangguan tinnitus pada kuping kanan atau juga kiri sebenarnya bisa diobati jika kamu tahu apa faktor yang menyebabkannya. Seperti misalnya jika kuping kamu berdenging sebelah karena adanya infeksi pada saluran telinga, maka solusinya yakni dengan menyembuhkan infeksi tersebut lebih dulu agar teratasi masalahnya.

BACA JUGA:  Tips serta Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Akan tetapi, penting untuk kamu ketahui, sebagian besar dari gejala telinga berdenging sebelah kanan ini jika diakibatkan oleh kebisingan, maka mengobatinya akan sulit. Sehingga jika kamu berada di lingkungan yang mempunyai tingkat kebisingan cukup tinggi, maka gunakan selalu pelindung telinga agar lebih aman.

Untuk mengobati tinnitus, kamu bisa melakukan terapi suara. Ini merupakan salah satu metode yang sering dipakai untuk mengurangi adanya dengingan mengganggu di telinga. Selain itu bisa dengan TRT (tinnitus retraining therapy) yakni sebuah terapi dengan tujuan membuat penderita mampu beradaptasi dengan kondisinya tersebut.

Ada juga cara lainnya mengatasi hal ini yakni dengan terapi kognitif untuk perilaku. Solusi tersebut memang tidak bisa membuat dengingan penderita berkurang. Akan tetapi setidaknya penderita bisa terhindar dari gejala depresi atau gangguan lain. Untuk mengatasi masalah telinga berdenging memang harus tahu dulu apa penyebabnya.

Jika kamu sudah tahu penyebabnya, maka tidak akan kesulitan menemukan pengobatan apa yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Apabila ingin terhindar dari masalah telinga berdenging sebelah kanan tersebut, maka jaga selalu kebersihannya dan pastikan untuk melindungi dari suara keras dilingkungan mana saja.

Baca Juga Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Manusia dan Manfaatnya