Manfaat Bawang Putih

Segudang Khasiat Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh Sehat Bugar

Terkenal dengan bau yang khas, ternyata manfaat bawang putih sangat besar. Diperkaya dengan senyawa-senyawa dan zat aktif yang beragam meski kecil bawang putih sudah banyak digunakan dalam pengobatan ataupun perawatan sejak lama. Bawang ini sejak ratusan tahun sudah digunakan secara tradisional untuk bahan obat alamiah.

Meskipun sudah umum digunakan sebagai bumbu masak dan bumbu dapur yang wajib tiap ibu-ibu namun sering karena baunya yang sedikit menyengat membuat konsumsi bawang ini tidak terlalu banyak. Dengan ukuran kecil putihnya, bawang ini mampu melawan dan membunuh bakteri karena zat di dalamnya sangat ampuh mematikan bakteri serta jamur.

Berbagai kandungan yang sudah dikenal umum dari bawang putih ialah, allicin, vitamin B, kalsium, zat besi hingga berbagai mineral yang semuanya membantu tubuh semakin bugar dan manfaat bawang putih yang lain pastinya. Mengonsumsi bawang putih lebih banyak manfaatnya secara mentah karena kandungannya masih utuh khususnya senyawa anti mikrobanya yang kurang stabil. Memasaknya terlalu lama akan mengurangi manfaat dari bawang putih bagi tubuh, seperti untuk fungsi berikut ini:

1. Mengatasi Flu dan pendukung Daya Tahan Tubuh

bawang putih segar
Jual Bawang Putih Segar https://shope.ee/4zwdP7U8FV

Kaya dengan senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai pendukung daya tahan tubuh membuat bawang putih berkhasiat besar mengatasi serta menghindari tubuh dari serangan flu. Cukup mencampurkan bawang putih dengan minuman hangat seperti the maka flu kamu akan segera membaik. Menambahkan pemanis atau bahan lain seperti jahe atau sereh akan meningkatkan efek bawang putih dalam mengusir flu.

2. Menangani psoriasis atau Biasa Disebut Radang

Radang karena adanya autoimon ini yang biasanya terjadi ruam pada kulit bisa dibantu sembuhkan dengan bawang putih. Manfaat bawang putih dalam hal anti peradangan sangat berguna mengurangi radang seperti psoriasis. Metode pengobatan dengan bawang putih cukup mudah yakni memakai minya bawang putih lalu gosokkan langsung pada bagian kulit yang terkena penyakit.

3. Menjaga Bobot Badan untuk Tetap Ideal

Untuk mengurangi berat badan berlebih, kamu bisa makan bawang putih dengan rajin. Hasil uji peneliti mengungkapkan bahwa makan bawang putih bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Jadi tidak perlu susah lagi berdiet menyiksa, tinggal gunakan bumbu ini dalam berbagai makanan yang dimakan.

4. Menghilangkan Rasa Gatal pada Tubuh

Sangat terkenal sebagai anti jamur, manfaat bawang putih untuk menghilangkan gatal tergolong tepat sekali. Rasa gatal akibat jamur di kaki atau dibagian tubuh lainnya bisa dihilangkan dengan cara mengolesi ramuan bawang putih pada lokasi gatal. Mencampur irisan bawang putih yang kecil-kecil dengan air hangat atau minyak akan mematikan jamur penyebab gatal secara efisien.

5. Mengatasi Ruam Merah-Merah pada Kulit

Senyawa anti inflamasi yang kaya dalam bawang ini akan membantu menekan rasa sakit dan perih dari ruam pada kulit. Caranya juga sederhana yakni memberikan bawang putih yang dihaluskan pada bagian yang bermasalah.

BACA JUGA:  Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Manusia dan Manfaatnya

6. Merawat rambut agar Tetap Kuat

Permasalahan rambut seperti rambut rontok mampu diperbaiki menggunakan bantuan bawang putih. Kaya akan allicin kerontokan akan berkurang dengan memijatkan pada kulit kepala air perasan bawang putih secara rutin. Selain murah teknik ini terbilang efisien dan alami sehingga jauh lebih aman untuk rambut kesayangan Anda.

7. Mengatasi Infeksi pada Bagian Telinga

Manfaat bawang putih terlebih akan kandungan allicinnya yang tinggi, maka infeksi pada telinga bisa disembuhkan dengan bawang ini. Masukkan saja bawang mentah ke lubang telinga hingga terasa tenang maka infeksi akan berangsur-angsur hilang. Infeksi pada bagian tubuh lainnya juga bisa dihilangkan dengan bawang putih mentah ini.

8. Mencegah dan Mengusir Serangan Nyamuk

Banyak yang menduga bahwa bawang putih efektif mengusir nyamuk. Maka gunakan ramuan bawang putih yakni campuran bawang yang sudah halus dengan minyak pada kulit maka nyamuk tidak akan datang mengusik.

9. Melawan Jerawat pada Kulit Wajah

Pengobatan untuk masalah kulit jerawatan memang sudah sangat banyak. Termasuk memakai bawang putih yang juga turut menolong mengurangi noda bekas jerawat sehingga kulit lebih fresh dan bersih. Senyawa antioksidannya akan membunuh bakteri-bakteri di kulit sehingga jerawat akan lebih cepat membaik. Hanya perlu memakaikan siung bawang ke kulit berjerawat, maka hasilnya sudah bisa ditunggu dalam waktu dekat.

Jelas sudah banyak orang membuktikan bahwa bawang kecil berwarna putih ini sangat berguna bagi kesehatan baik kecantikan. Dengan ini maka tidak ada lagi alasan malas atau ogah makan bawang putih pada makanan sehari-hari. Usahakan makan dalam jumlah cukup supaya manfaat bawang putih tersebut dan masih banyak lainnya bisa kamu nikmati secara total.