manfaat minyak zaitun

5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh  

Manfaat minyak zaitun atau olive oil memang sudah diketahui secara umum oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang sering dijumpai di daerah Timur Tengah ini diketahui sudah sejak jaman dahulu banyak dipakai sebagai bahan campuran herbal dan makanan. Hal tersebut cukup masuk akal mengingat kandungan didalamnya.

Ada banyak kandungan bermanfaat seperti Vitamin E, Vitamin K, hingga lemak sehat. Memiliki kandungan polifenol cukup tinggi dan mampu memberikan sel perlindungan. Efek radial bebas bisa ditangkal dengan hadirnya polifenol. Karena itu, banyak sekali saat ini produk kesehatan yang terbuat dari olive oil.

Dunia medis sendiri sudah melakukan banyak penelitian tentang khasiat dari olive oil. Hasilnya memang seperti yang diharapkan dengan berbagai macam khasiat baik bagi pencegahan berbagai macam penyakit. Penasaran seperti apa khasiat olive oil? Maka kami sajikan informasi khasiat olive oil yang paling umum.

1.  Berpotensi Mampu Mencegah Penyakit Metabolik

Olive Oil
Jual Olive Oil Original https://shope.ee/8epr9R0bo3

Mampu mencegah adanya gangguan metabolik adalah salah satu manfaat minyak zaitun. Sebenarnya, biasanya gejalanya membuat risiko penyakit biasa meningkat dengan adanya faktor risiko. Misalnya adalah obesitas atau kadar gula tinggi sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit lain yang berisiko besar terhadap kesehatan.

Namun, ketika mengonsumsi olive oil dalam bentuk tertentu, masalah tersebut bisa dihindari. Olive oil akan memicu perkembangan kolesterol baik atau HDL demi meningkatkan sistem kesehatan. Namun tentu saja setiap bahan harus dikonsumsi secara rutin dan teratur. Hal tersebut demi menjaga badan tetap sehat.

2. Mencegah dan Membunuh Sel Kanker

Penelitian terus dilakukan demi menggali manfaat tersembunyi dari minyak zaitun. Karena itu, setiap negara berlomba-lomba mencoba melakukan penelitian mendalam mengenai buah khas Mediterania tersebut. Misalnya saja adalah penelitian yang sudah dipublikasikan sejak 2019 lalu. Publikasi tersebut menunjukan ada hasil sangat mengejutkan.

Ada senyawa fitonutrein dengan kemampuan mencegah kemunculan berbagai jenis kanker. Ada antioksidan dengan fungsi memberikan khasiat sempurna terhadap kesehatan. Misalnya adalah mencegah munculnya kanker payudara serta kanker kolorektal. Masalah perubahan epigenetik dan kerusakan oksidatif juga mampu ditekan ketika kamu rutin mengonsumsinya dengan teratur.

3. Mampu Mencegah Adanya Penyakit Alzheimer

Manfaat minyak zaitun pada dasarnya juga bisa dipakai untuk mengatasi gangguan penyakit Alzheimer. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa penyakit Alzheimer atau dementia merupakan gangguan ingatan yang bisa menyerang orang di usia tua. Biasanya gangguan dari penyakit ini menyerang mereka diatas umur 60 tahun.

Namun, masalah Alzheimer bisa dicegah ketika kamu rutin konsumsi olive oil. Beberapa penelitian menunjukkan ada kandungan fenolik berupa oleocanthal pada olive oil. Senyawa seperti ini cukup penting sebagai upaya mencegah ingatan memudar. Cocok dikonsumsi bagi orang pada usia lansia yang memiliki gangguan pada ingatan.

4. Baik untuk Mencegah Penyakit Stroke

Memang sudah banyak manfaat minyak zaitun dan sudah diketahui oleh masyarakat umum, misalnya seperti mengurangi risiko terkena stroke. Gangguan stroke seperti ini memang cukup banyak dijumpai serta mampu menyerang siapapun. Apalagi dampak yang ditimbulkan cukup besar, bahkan penderita bisa mengalami kematian yang cukup serius.

BACA JUGA:  Obat Batuk Pilek untuk Bayi 0-6 Bulan Secara Alami

Penelitian terbaru membuktikan bahwa olive oil merupakan bahan yang memberikan konsentrasi lemak tidak jenuh dan baik untuk mencegah stroke. Kabar seperti ini tentu memberikan rasa senang bagi banyak penderita stroke. Hanya saja untuk bisa terbebas, maka kamu harus selalu rutin mengonsumsi olive oil.

5. Mampu Menjaga Kesehatan Pada Jantung

Jantung merupakan bagian dengan fungsi penting karena sebagai tempat di mana proses pompa darah ke seluruh tubuh. Menjaganya tentu adalah sebuah prioritas utama apapun itu caranya, termasuk selalu rutin mengonsumsi olive oil secara teratur. Dengan begitu, gangguan pada fungsi jantung bisa dicegah sedini mungkin.

Beberapa kandungan senyawa memang memberikan khasiat untuk menjaga fungsi jantung. Bahkan asam lemak tersebut mampu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan mengurasi risiko pembekuan darah. Oleh sebab itu rata-rata orang Mediterania dengan rutinitas mengonsumsi olive oil memiliki indikasi adanya badan sehat.

Memang sudah cukup lama orang mengenal berbagai macam khasiat sebagai herbal alami dari berbagai penyakit. Banyak olahan dari olahan tradisional hingga modern yang memberikan khasiat sama, yaitu menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, dengan konsumsi rutin maka manfaat minyak zaitun bisa dirasakan sepanjang waktu.