manfaat bawang merah

Inilah 12 Manfaat Bawang Merah yang Penting Diketahui

Umumnya digunakan sebagai bumbu berbagai masakan, baik digoreng direbus hingga dibakar, ternyata manfaat bawang merah sangat banyak untuk tubuh manusia. Bumbu dapur yang berperan untuk meningkatkan wangi dan rasa makanan ini sangat berkhasiat besar untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Terkenal di seluruh dunia bahan satu ini wajib semakin dikonsumsi supaya tubuh kamu menerima lebih banyak manfaat darinya.

Makan bawang merah punya segudang khasiat yang bisa membantu tubuh tetap fit. Menjaga kesehatan organ dalam seperti jantung, hingga mencegah kanker bawang merah sangat layak diidolakan. Harga yang murah dan mudah ditemui dimana-mana membuat kebermanfaatannya tidak boleh disia-siakan.

Sering dipandang sebelah mata, terlebih dengan bawang putih nyatanya kandungan dalam bawang merah tidak kalah berguna. Berikut manfaat bawang merah yang jarang diperhatikan:

1. Obat untuk Mengurangi Panas Demam

Fungsi tanaman berwarna merah ini untuk mengurangi panas atau demam sudah sering memang dilakukan. Bayi yang sedang demam umumnya menggunakan campuran ramuan tradisional bawang merah dan berguna untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan normal. Bawang merah yang sudah diparut kemudian ditambah dengan minyak cukup ampuh mengobati demam atau panas bagi siapapun

2. Membantu Napas Semakin Lancar dan MelegakanTenggorokan

Manfaat bawang merah dikonsumsi secara mentah, dengan efek pedas dan menenangkan pada kerongkongan melegakan tenggorokan atau hidung tersumbar. Maka penciuman dan pernapasan akan lega kembali setelah hasil campuran bawang mentah dikonsumsi langsung. Bisa juga mencampur dengan sayuran lain supaya lebih enak ketika dimakan.

3. Obat Penyakit Maag saat Kambuh

Memakan bawang merah yang mentah secara langsung dapat membantu mengurangi sakit saat maag kambuh. Tidak perlu mencampurnya dengan makanan atau minuman lain, bawang merah akan berfungsi sebagai obat alami yang berkhasiat.

4. Menjaga Tingkat Kolesterol dalam Tubuh

Kandungan senyawa dalam bawang merah akan membantu menstabilkan kolestrol jahat dari makanan yang kamu konsumsi. Maka rajinlah makan bawang merah mentah seperti lalapan saat makan makanan yang lemaknya tinggi supaya kadar kolesterol tetap sehat.

5. Menyembuhkan Luka dan Terhindar dari Bakteri

Kaya akan zat senyawa aktif, bawang merah mampu membantu menyembuhkan luka khususnya luka minor. Cukup dengan campuran irisan bawang dan minyak serta sedikit garam dididihkan terlebih dahulu, luka sudah bisa terhindar dari infeksi bakteri atau kuman. Tinggal dikasih langsung pada luka secara teratur maka luka akan semakin cepat sembuh.

6. Obat Saat Masuk Angin dan Kecapekan

Keadaan tubuh yang kurang fit seperti masuk angin karena kecapekan atau begadang juga bisa tertolong menggunakan ramuan tradisional bawang merah ini. Manfaat bawang merah mentah yang dipotong kecil-kecil bersama campuran minyak sedikit sudah cukup untuk mengusir angin di tubuh. Kamu hanya perlu mengolesi bagian tubuh yang dirasa paling sakit atau seluruh tubuh sekalian kemudian beberapa saat tubuh akan kembali segar.

BACA JUGA:  Segudang Khasiat Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh Sehat Bugar

7. Menjaga Tingkat Gula Darah untuk Tetap Normal

Pengidap gula darah yang tinggi cocok mengonsumsi bawang merah secara teratur. Zat dalam bawang merah ini akan membantu menurunkan tingkat gula dalam darah penderita diabetes sehingga tetap normal.

8. Memperbaiki Kesehatan Otak untuk Lebih Produktif

Kaya akan zat folat, bawang merah akan memperbaiki kesehatan otak manusia. Dengan tambahan zat lain seperti pyrithione turut menunjang kinerja saraf dan otak semakin baik sehingga kamu bisa lebih kreatif dan produktif.

9. Meningkatkan Stamina bagi Kaum Pria

Khususnya bagi kaum pria, manfaat bawang merah dikonsumsi secara rutin akan menaikkan stamina. Terkenal dengan kandungannya yakni fitokemikal serta vitamin C yang menjaga daya imun lebih kuat sehingga tetap berstamina.

10. Mencegah Penyumbatan Aliran Darah pada Jantung

Senyawa sufida methylallyl pada umbi bawang merah ini membantu mencegah penyumbatan dalam aliran darah sehingga mencegah penyakit jantung. Ada juga asam amino sulfur yang turut andil mengurangi kolesterol di tubuh guna menjaga peredaran darah semakin lancar.

11. Menjaga Tekanan Darah agar Tetap Normal

Berbagai kondisi dan keadaan di zaman sekarang ini membuat tekanan darah mudah naik. Maka lebih baik mengonsumsi bawang merah lebih rajin lagi karena senyawa quercetin di dalamnya akan menjaga tekanan dalam darah tetap stabil.

12. Meningkatkan Imun dan Kekebalan Tubuh

Kaya dengan kandungan vitamin C yang terkenal baik menjaga data tahan tubuh, maka bawang merah memang layak jadi bumbu kesukaan dan wajib ada. Berbagai penyakit akibat daya tahan lemah seperti pilek atau batuk bisa dicegah dengan konsumsi bawang ini.

Kekuatan daya tahan imun sangat berpengaruh besar dalam menjaga kondisi badan tetap sehat terhindar dari virus, kuman atau bakteri jahat. Selenium termasuk zat yang jadi manfaat bawang merah untuk menjaga sistem imun tetap kuat menjaga badan dari serangan.