obat batuk untuk ibu hamil
Pregnant women blowing her nose in bed

Tips Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Alami

Patut kamu ketahui bahwa obat batuk untuk ibu hamil sebaiknya tidak asal pilih. Ini terkait fakta bahwa wanita hamil membawa janin di dalam perutnya sehingga apapun yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan baik. Termasuk salah satunya adalah konsumsi obat-obatan saat mengalami sakit batuk atau penyakit lainnya.

Kalau kamu sedang hamil, cara paling tepat sebelum mengkonsumsi obat kimiawi adalah dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kandunganmu. Karena jika tidak, hal tersebut bisa saja berdampak buruk bagi si jabang bayi. Perlu diketahui bahwa wanita hamil terkadang imunitasnya menurun sehingga mudah terserang batuk ataupun pilek.

Meskipun penyakit ini tidak berpengaruh pada janin, namun kondisi tersebut tentu bisa membuatmu tidak nyaman. Kalau sudah terlanjur terserang batuk dan mengganggu kenyamanan maka mau tidak mau harus ditangani dengan obat tertentu. Jika tidak ingin konsumsi obat kimia, kamu juga bisa menggunakan obat-obatan alami seperti berikut ini.

Mengkonsumsi Bawang Putih yang Memiliki Kandungan Kaya Antioksidan

bawang putih segar
Jual Bawang Putih Segar https://shope.ee/4zwdP7U8FV

Rekomendasi obat batuk untuk ibu hamil alamiah pertama adalah bawang putih. Bahan satu ini pastinya sangat akrab bagi siapa saja. Bawang putih kerap digunakan sebagai bumbu dasar dalam membuat masakan apapun khususnya hidangan nusantara. Namun selain membuat masakan menjadi lebih lezat, bawang putih ternyata juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

Bahan alami ini memiliki kandungan kaya antioksidan dimana fungsinya sangat baik sebagai antibakteri, antibiotik, juga antivirus. Oleh sebab itu, bawang putih sangat cocok dijadikan cara alami meredakan batuk pada wanita mengandung. Karakter antivirus dan antibakterinya dapat membuat tenggorokan terbebas dari virus serta bakteri penyebab penyakit tersebut.

Untuk mengobatinya secara alami, bawang putih disarankan dimakan dalam keadaan segar. Meski demikian, kamu mungkin tidak menyukai aroma khas bawang putih karena begitu menyengat. Cara mengakalinya, kamu bisa memotong bawang putih hingga tercincang halus kemudian campurkan dengan madu. Selanjutnya, bawang putih siap dipakai untuk obat.

Mengonsumsi Madu dan Air Hangat

Madu Asli
Jual Madu Asli https://shope.ee/9eiMp1uh3g

Obat batuk untuk ibu hamil berikutnya adalah madu. Madu sejak dulu telah dikenal sebagai bahan natural yang memiliki segudang khasiat untuk menangani berbagai penyakit. Kalau kamu terserang penyakit ini, madu bisa menjadi solusi tepat untuk meredakannya. Kandungan dalam madu mampu meningkatkan imunitas seseorang.

Virus serta bakteri penyebab penyakit ini bisa menyerang tubuh karena kekebalan sedang dalam kondisi kurang baik. Meminum madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan sehingga tubuh dapat melawan virus serta bakteri yang menyerang. Jika sudah merasakan gejala akan batuk, tidak ada salahnya kamu mengambil madu.

Caranya sangat mudah, cukup sediakan madu lalu larutkan pada air hangat. Meminum air madu pada pagi hari bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu juga bekerja meredakan sakit tenggorokan yang sering timbul saat mengalami penyakit tersebut.

Perasan Lemon Segar yang Kaya Akan Kandungan Vitamin C

Jeruk Lemon Import
Jual Jeruk Lemon Import https://shope.ee/40404t9XJw

Obat batuk untuk ibu hamil yang alami lainnya yaitu buah lemon. Buah ini diketahui sangat kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan tersebut sangat baik untuk membuat kekebalan tubuh kian meningkat. Selain itu, buah dari keluarga jeruk ini begitu kaya antioksidan dimana memiliki karakteristik antibakteri dan juga antivirus.

BACA JUGA:  Kenali Manfaat Bawang Dayak Ampuh Cegah Penyakit

Mengkonsumsi lemon juga dapat memperbaiki fungsi ginjal berkat kandungan kaliumnya. Ginjal sendiri berperan dalam pembuangan zat sisa atau racun di dalam tubuh. Kalau racun-racun di tubuh terbuang, maka beragam penyakit termasuk batuk akan menghilang juga dari badan. Kamu bisa mencampurkan air lemon dengan teh maupun madu.

Memperbanyak Minum Air Putih untuk Memberi Efek Positif bagi Tubuh

Obat batuk untuk ibu hamil yang tidak boleh dilewatkan adalah air putih. Meminum air putih selalu memberikan efek positif bagi tubuh. Begitu juga jika kamu sedang dalam kondisi batuk maupun pilek. Air membantu mencegah tubuh dari kondisi dehidrasi alias kekurangan cairan.

Selain itu, meminum air putih juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Jadi, manfaat air putih tidak terpaku pada satu aspek saja. Saat mengalami batuk, sebaiknya kamu memperbanyak minum air putih khususnya yang bersuhu hangat. Dengan begitu, batuk bisa reda.

Ibu hamil juga tidak terlepas dari risiko terkena gejala batuk. Namun konsumsi obat kimia bagi ibu hamil harus berhati-hati dan jangan sampai asal karena berisiko terhadap kesehatan janin pula. Kalau ingin cara yang aman, kamu bisa memilih obat batuk untuk ibu hamil dari bahan natural saja.

 

Baca Juga:  Obat Batuk Pilek untuk Bayi 0-6 Bulan Secara Alami