perbedaan flu biasa dan corona

Beberapa Perbedaan Flu Biasa dan Corona yang Perlu Diketahui

Perbedaan flu biasa dan corona sebenarnya sangat banyak. Namun karena adanya kemiripan, beberapa orang menganggap keduanya tidak memiliki perbedaan. Corona sendiri menjadi pandemi besar di seluruh dunia. Bahkan hingga artikel ini ditulis, tercatat masih ada jutaan kasus aktif di Indonesia.

Baik corona maupun flu biasa sebenarnya sama-sama disebabkan oleh virus. Namun tentu virusnya berbeda. Corona disebabkan oleh virus covid sedangkan flu sendiri tidak disebabkan oleh virus tersebut. Penyebaran dari flu sendiri berbeda dengan covid. Penyakit tersebut biasanya menyebar ketika cuaca berubah-ubah.

Sebenarnya perbedaan antara kedua penyakit ini belum jelas apabila tes belum dilakukan. Namun, terdapat beberapa indikator yang bisa membedakan antara keduanya. Oleh sebab itu, berikut kami paparkan beberapa perbedaan flu biasa dan corona. Namun ingat, jadikan hal ini sebagai indikator tanpa menyatakan bahwa pernyataan tersebut seratus persen benar.

Bersin dan Juga Sesak Napas

Pembeda pertama antara kedua permasalahan tersebut terletak pada bersin. Bersin memang sangat identik dengan influenza. Ketika seseorang mengalaminya, bersin adalah hal pasti yang akan dialami. Namun ketika covid muncul, beberapa orang mengaitkannya sebagai salah satu gejala. Hal ini didasari fakta bahwa covid menyerang saluran pernapasan.

Sangat ditekankan bahwa pernyataan tersebut tidaklah benar. Ketika corona menyerang, pengidapnya tidak akan mengalami bersin. Oleh sebab itu, bersin bisa dijadikan perbedaan flu biasa dan corona. Namun tetap perhatikan apabila bersin tersebut dibarengi dengan permasalahan pernapasan lain dengan disertai demam.

Kondisi tersebut merupakan salah satu dari beberapa faktor penyebab adanya covid. Perbedaan selanjutnya terletak pada kondisi sesak napas. Ketika corona menyerang, permasalahan ini pasti muncul. Oleh sebab itu, sesak napas ini bisa menjadi salah satu indikator adanya covid. Hal ini sangat berbeda dengan influenza.

Walaupun sama-sama menyerang saluran pernapasan, influenza tidak akan sampai membuat seseorang mengalami sesak napas. Sebenarnya ketika flu, seseorang bisa saja mengalami sesak nafas. Namun hal ini hanya akan dialami oleh mereka yang memiliki gangguan pernapas. Hal ini membuat sesak napas juga bisa dijadikan salah satu perbedaan flu biasa dan corona.

Lama Penyakit dan Cairan pada Hidung

Lama penyakit juga bisa menjadi pembeda antara keduanya. Ketika seseorang terkena virus dari permasalahan tersebut, lama penyakitnya muncul akan berbeda-beda. Ketika flu terjadi, permasalahan tersebut tidak akan lebih dari empat hari. Hal ini karena gejala flu akan langsung terasa sehari setelah terkena virus.

Setelah empat hari, seseorang akan kembali normal. Pada poin ini, perbedaan flu biasa dan corona nampak jelas. Pada corona sendiri, gejala baru akan muncul setelah beberapa hari dan gejala tersebut akan bertahan hingga dua minggu. Hal ini memperlihatkan perbedaan yang cukup jelas dari segi durasi.

Corona ini memang memiliki durasi yang jauh lebih lama dari flu biasa. Cairan pada hidung atau juga disebut pilek bisa menjadi indikator selanjutnya. Ini merupakan gejala wajib dari flu. Namun, gejala tersebut kurang tepat jika disandingkan dengan covid. Ini merupakan kekeliruan di masyarakat.

BACA JUGA:  Gejala Terinfeksi Virus Corona Umum, Tidak Umum dan Serius

Belum ada penelitian yang mengatakan bahwa covid bisa membuat seseorang mengalami pilek. Bahkan pada sebuah penelitian di skotlandia, dikatakan bahwa pilek ini sama sekali tidak berhubungan dengan covid. Namun, tetaplah perhatikan kondisi tubuh karena mungkin saja gejala covid lain akan muncul.

Rasa dan Bau Akan Menghilang

Perbedaan flu biasa dan corona pada poin ini cukup tipis. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk menghilangkan kemampuan merasa dan mencium bau. Namun kemampuan menghilangkan rasa dan baunya berbeda. Ketika seseorang mengalami flu, bau dan rasa sebenarnya masih ada hanya saja keduanya berangsur-angsur menghilang.

Rasa dan bau tersebut tidak akan sama seperti sebelumnya. Akan terdapat perbedaan kecil pada kemampuan tersebut. Namun ketika seseorang mengalami covid, rasa dan bau akan hilang secara parah dan tiba-tiba. Ini menjadi pembeda yang sangat jelas karena hal tersebut tidak akan terjadi pada seseorang yang mengalami flu.

Dengan adanya pandemi di sekitar, berhati-hatilah dan selalu perhatikan protokol kesehatan. Akan lebih baik jika langsung berobat ketika permasalahan itu dialami. Hal ini bisa menjadi upaya pencegahan yang sangat baik. Sedetail apapun perbedaan flu biasa dan corona yang dijelaskan, kepastian seratus persen memang belum ada.